Kreatifitas

Internet of Things Smart Fitting Lamp : Soluhi Hemat Listrik Rumah Tangga

Kelebihan dari smart lamp dari pada lampu konvensional lainnya adalah smart lamp dapat menghemat penggunaan listrik, dapat mengontrol lampu dari jarak jauh, dan masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki smart lamp.

Internet of Things Smart Fitting Lamp

Konsumsi energi listrik semakin lama semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan meningkat jumlah penduduk setiap tahunnya. Rumah, gedung, sarana pendidikan, perusahaan serta industri membutuhkan energi listrik setiap hari.

Seringkali rumah-rumah tidak memperhatikan jumlah energi listrik dari perangkat listriknya. Hal tersebut berpengaruh terhadap jumlah konsumsi energi listrik yang digunakan setiap harinya. (Purnama, 2021)

Solusi dari konsumsi energi listrik di Indonesia yang semakin lama semakin meningkat

Internet of Things merupakan konsep untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet. Peningkatan pengembangan infrastruktur internet terhubung ke Internet serta smartphone dan komputer. Namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi internet. Sebagai contohnya mesin produksi, mobil, peralatan elektronik, peralatan yang dapat dikenakan manusia, dan benda yang tersambung ke jaringan sensor.

Penggunaan energi listrik dilakukan secara efisien oleh manusia untuk mengurangi resiko pemanasan global. Energi listrik di rumah seringkali tidak dikelola dengan baik. Salah satu kebiasaan buruk penggunaan energi listrik adalah membiarkan lampu menyala. Terkadang penghuni rumah tidak bijak dalam menggunakan lampu. Selain itu, penghuni meninggalkan rumah dalam waktu lama dan tidak dapat mengontrol lampu rumah. Dengan demikian, diperlukan sistem yang dapat mengontrol lampu dari jarak jauh.

Salah satu teknologi yang memungkinkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Internet of Things (IoT). Salah satu pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) adalah Smart Home. Didalamnya mengontrol peralatan elektronik Wireless dengan ponsel pintar. Pembuatan alat berbasis Internet of Things smart fitting lamp ini menggunakan mikrokontroller ESP 8266 01 sebagai media kendali lampu penerangan rumah. Dalam prototype smart home ini menggunakan LED ketika proses pengujian berlangsung.

Kelebihan dari alat berbasis Internet of Things smart fitting lamp

Kelebihan dari smart lamp adalah dapat menghemat penggunaan listrik dan mengontrol lampu dari jarak jauh. Pemecahan masalah dapat dilakukan dengan cara membuat alat Smart Fitting Lamp berbasis Internet of Things untuk mengontrol lampu ruangan rumah. Kontrol akan terhubung dengan Wi-fi dan mengguakan aplikasi Blynk pada smartphone pengguna. Sehingga memudahkan pengguna dalam mengontrol lampu rumah dari jarak jauh.

Penerapan aplikasi smart fitting lamp

Teknologi ini menggunakan alat Smart Fitting Lamp berbasis Internet of Things untuk mengontrol lampu rumah dari jarak jauh melalui aplikasi blynk yang telah disetting. Di harapkan mempermudah dalam control lampu rumah agar menghemat biaya listrik rumah. 

Share:

0 Komentar