Opini

7 Cara Jitu Chatting Dosen Agar Cepat Dibalas Saat Sedang Diperlukan (Beserta Template)

Berikut ini adalah 7 cara jitu chatting dosen agar cepat dibalas saat sedang diperlukan. Cara ini bisa Sobat Teknik praktikkan ketika sedang meminta bimbingan.

Andri Marza Akhda10 September 2022

Mahasiswa dan dosen adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kampus. Keduanya saling membutuhkan untuk dapat bersinergi dalam kehidupan kampus dan mencapai tujuannya masing-masing. Mahasiswa memiliki tujuan untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu Sebagai Mahasiswa Cengar-Cengir

Tujuan inilah yang menjadikan mahasiswa melakukan segala cara untuk lulus. Terlebih di masa-masa bimbingan skripsi. Di masa-masa ini, dosen seperti memiliki kekuatan untuk dapat menghilang sebelum akhirnya membalas chat bimbingan.

Karena terbawa perasaan kesal, tak jarang banyak mahasiswa yang melupakan etika chatting dosen. Menyebabkan chatting tersebut semakin lama untuk dibalas. Di sini penulis akan memberikan 7 cara jitu chatting dosen agar cepat dibalas saat sedang diperlukan.

Sebelum itu, Sobat Teknik membaca poin-poin penting mengapa dosen lama membalas chatting.

Alasan Mengapa Dosen Lama Membalas Chatting

  • Dosen lupa dengan chat Sobat Teknik.
  • Dosen memiliki kesibukan lain, seperti pergi ke luar kota atau luar negeri.
  • Dosen memiliki mahasiswa bimbingan lain yang progressnya lebih besar ketimbang Sobat Teknik.
  • Dosen membutuhkan waktu untuk mencerna informasi (sudah diread), sebelum membalasnya.
  • Dosen mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai mahasiswa, kita harus menyadari bahwa tugas dosen tidak hanya membimbing kita saja. Tetapi dosen pun harus mengerti bahwa "alasan tidak hanya membimbing kamu saja" tidak boleh dijadikan pembenaran untuk membiarkan chat mahasiswa dalam waktu yang lama. Sekali lagi, mahasiswa dan dosen adalah satu kesatuan yang saling membutuhkan.

Baca Juga: 6 Tata Cara Mengirim Tugas dan Skripsi ke Dosen via Email

Ok, kita lanjut ke 7 cara jitu chatting dosen agar cepat dibalas saat sedang diperlukan.

1. Selalu Memperkenalkan Diri

Cara Jitu Chatting Dosen Agar Cepat Dibalas
Selalu Memperkenalkan Diri

Yang pertama adalah selalu memperkenalkan diri. Teknik ini mungkin terdengar klise, tapi seringkali diabaikan. Terlebih bagi mahasiswa yang merasa dekat dengan dosen tertentu. Tetap saja, sebagai mahasiswa kita harus mengambil sikap yang baik tanpa harus merasa terbebani.

Sobat Teknik bisa mencontoh kalimat yang penulis buat di atas.

2. Bertanya akan Kabar Dosen

Bertanya Tentang Kabar Dosen atau Retorika
Bertanya akan Kabar Dosen

Selanjutnya adalah bertanya akan kabar dosen. Sebenarnya ini adalah pertanyaan retorika dengan mengharapkan jawaban "Keadaan saya baik" dan sejenisnya. Tetapi efek yang ditimbulkan sangatlah besar, terutama untuk meningkatkan kedekatan bersama dosen agar proses bimbingan berjalan lancar. 

Akan tercipta rasa simpati dan bahkan empati dari dosen secara perlahan

3. Mengutarakan Maksud Chatting

Cara Jitu Chatting Dosen Agar Cepat Dibalas
Mengutarakan Maksud Chatting

Ketiga adalah mengutarakan maksud Sobat Teknik daripada chatting. Untuk yang ini, Sobat Teknik bisa melakukannya sesuai dengan maksud chatting dosen masing-masing. Adapun gambar di atas adalah contoh chatting dengan tujuan meminta bimbingan.

4. Menjelaskan Tentang Progress

Menjelaskan Tentang Progress
Menjelaskan Tentang Progress

Selanjutnya adalah menjelaskan tentang progress. Penjelasan mengenai progress ini sendiri dapat Sobat Teknik lakukan apabila tujuan sebelumnya relevan. Semisal Sobat Teknik sudah mengutarakan tujuan untuk meminta bimbingan skripsi, maka di kalimat berikutnya dappat menjelaskan progress yang sudah dilalui seperti pada gambar di atas.

5. Mengutarakan Tujuan yang Ingin Dicapai

Mengutarakan Tujuan yang Ingin Dicapai
Mengutarakan Tujuan yang Ingin Dicapai

Nomor 5 adalah kembali menyatakan tujuan. Bedanya, tujuan yang dimaksud bukanlah tujuan untuk chatting, melainkan tujuan yang ingin dicapai. Semisal maksud Sobat Teknik chatting dosen adalah untuk meminta bimbingan. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendapatkan acc dari dosen agar bisa mendaftar sidang sebelum semester berakhir. 

6. Meminta Respons dan Terima Kasih

Meminta Respons dan Terima Kasih
Meminta Respons dan Terima Kasih

Keenam adalah dengan meminta respon dari dosen tersebut. Gunakan bahasa yang sopan. Jangan lupa untuk menyematkan kata terima kasih disertai dengan emoticon sejuta umat.

Apabila tidak dibalas di hari itu, maka jangan panik atau buru-buru meminta bimbingan. Ketika Sobat Teknik melakukan ini berkali-kali di hari yang sama, dosen bisa terganggu. Lakukan follow up setelah 2-3 hari pesan tidak dibalas.

Cara melakukan follow up bagaimana? Caranya sama, hanya saja di bagian maksud Sobat Teknik cukup menyampaikan kembali pesan sebelumnya. Contoh;

"Mohon maaf, untuk progress yang kemarin sudah saya kirimkan beserta data yang diperlukan Pak" 

Ataupun dengan kalimat lain yang sejenis dengan itu.
 

7. Memberikan Salam Akhir

Cara Jitu Chatting Dosen Agar Cepat Dibalas Saat Sedang Diperlukan
Memberikan Salam Akhir

Terakhir adalah memberikan salam. Sesuaikan salam yang diberikan kepada dosen Sobat Teknik. Sobat Teknik bisa saja menggunakan kata salam yang lebih formal, seperti gambar di atas.

Inilah 7 cara jitu chatting dosen agar cepat dibalas saat sedang dibutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya di Blog Anakteknik.co.idJangan untuk follow Instagram kami di @anakteknikindo

Disclaimer: Setiap Dosen Memiliki Caranya yang Berbeda-beda. Ada yang membalasnya cepat dalam 1 hari yang sama, atau hanya berjarak 2 hari saja dan ada yang juga lama. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait