Pengetahuan

9 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview HRD

Pada saat sesi interview, HRD akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pelamar. Untuk itu diperlukan persiapan dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Teddy Alfansyah20 Juni 2021

Berikut beberapa pertanyaan saat sesi interview

daftar pertanyaan wawancara

1. Ceritakan tentang diri Anda?

Yang pertama, kamu dapat menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Selanjutnya kamu juga dapat menyebutkan jurusan dan asal universitas.

2. Apa alasan Anda melamar diperusahaan kami?

Ceritakan bahwa kamu mengetahui dan menyukai produk dari perusahaan tersebut sehingga mendorong kamu untuk melamar di perusahaan tersebut. Jika bekerja diperusahaan tersebut adalah cita-cita kamu, kamu dapat menceritakan bahwa berkerja diperusahaan tersebut adalah impian kamu. Kamu juga bisa menjelaskan alasan kamu melamar diperusahaan tersebut karena faktor jarak perusahaan yang dekat dengan tempat tinggal kamu.

3. Kenapa kami harus menerima Anda?

Kamu dapat menjawab kalau skill dan pengalaman kamu memang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Kamu juga dapat menerangkan visi, target dan motivasi kamu dalam berkarier. 

4. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?

Sebelum mengikuti sesi interview sebaik kamu terlebih dahulu melakukan riset terhadap perusahaan yang kamu lamar, kamu dapat mencari tau mengenai perusahaan bergerak di bidang apa, struktur organisasi perusahaan, produk atau jasa yang dijual, dan perkembangan bisnis dari perusahaan.

5. Apa kelebihan yang Anda miliki?

Kamu dapat menjelaskan kelebihan yang kamu miliki yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Contohnya, kamu melamar sebagai sales dan kamu dapat menjelaskan bahwa kamu adalah orang yang dapat berkomunikasi dengan baik. 

6. Apa kelemahan yang Anda miliki?

Kamu dapat menjawab kelemahan yang memang kamu miliki disertai bagaimana cara kamu untuk mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya kamu adalah orang yang pelupa, untuk mengatasi kelemahan tersebut kamu dapat mencatat hal-hal penting pada buku catatan.

7. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Pastikan sebelumnya kamu sudah melakukan riset mengenai kisaran gaji mengenai posisi yang kamu lamar, dan ada baiknya kamu mengajukan nominal gaji dalam bentuk range. Tentukan range yang masuk akal, sesuai pengalaman, pendidikan dan skill yang kamu miliki.

8. Kapan bisa mulai bekerja?

Kamu harus memastikan kalau kamu memang sudah siap untuk bekerja secepatnya, jika memang belum siap, tunda terlebih dahulu sampai kamu siap dan yang terpenting adalah kamu tetap memberikan kepastian kapan bisa mulai bekerja.

9. Apa Anda ada pertanyaan yang ingin diajukan?

Kamu dapat bertanya lebih spesifik mengenai mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Misalnya "Seperti apa pencapaian terbaru perusahaan ini?" atau "Bagaimana budaya kerja diperusahaan ini?".

Itulah daftar pertanyaan yang sering ditanyakna HRD ketika interview kerja. Pertanyaan umum ini dapat menjadi pertimbangan apabila mampu menjawab dengan baik.

 

 

 

 

 

Share:

0 Komentar