Pengetahuan

Mahasiswa Cek, 5 Cara Mendapatkan Beasiswa di Kampus, Kuliah Gratis dari Pemerintah dan Swasta

cara mendapatkan beasiswa di kampus, di dalam artikel ini kamu akan menemukan 6 cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah gratis

Muhammad Angga Abdulah13 November 2023

Beasiswa selalu diincar untuk melanjutkan studi. Oleh karena itu, cara mendapatkan beasiswa kuliah menjadi salah satu informasi yang paling banyak dicari. Ada tempat populer bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah seperti Australia, Inggris, Selandia Baru, Kanada, Irlandia, dan Amerika Serikat (AS).

Negara ini menawarkan beasiswa dengan berbagai persyaratan akademik maupun non akademik. Institusi pendidikan di negara-negara ini juga menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia.

Daftar beasiswa kuliah gratis

Berikut beberapa daftar beasiswa kuliah gratis universitas dalam dan luar negeri:

1. Beasiswa Unggul

Program beasiswa ini ditawarkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Yang mana berfokus pada calon guru besar atau pengajar di perguruan tinggi. Namun, beasiswa ini hanya difokuskan pada Magister dan Ph.D.

2, Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa ini terbuka untuk lulusan SMA dengan nilai rata-rata 70. Jika Anda mendaftar untuk program beasiswa Sampoerna Foundation, Anda akan mendapatkan subsidi biaya kuliah dan pengembangan karakter untuk menunjang kehidupan perkuliahan.  .

3. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa tersebut khusus untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1/D4 yang setara. Untuk mendapatkannya, Anda harus melatih disiplin nilai dan pengetahuan Anda untuk menerima hibah Rp 1 juta per bulan untuk tahun berikutnya.

4. Beasiswa BCA

Jika Anda baru saja lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan tertarik di bidang perbankan, Anda nantinya berkesempatan untuk mengikuti program magang  Bank BCA. Beasiswa ini  hanya untuk Program Pendidikan Perbankan dan Bisnis dan Program Pendidikan Teknik Komputer.

5. Beasiswa KIP Kuliah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis hanya untuk lulusan SMA/SMK dan sederajat dengan meunujukan prestasi  akademik baik dan non akademik. Beasiswa ini ditujukan bagi keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan kuliah. 

6. Beasiswa LPDP

LPDP merupakan beasiswa di bawah Kementerian Keuangan. Beasiswa ini bertujuan untuk  menciptakan sumber daya manusia degan kualitas kepemimpinan, profesional, ilmiah dan teknokratis.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah

Agar dapat mendapatkan beasiswa kulaih gratis, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Beberapa tips dalam pertanyaan disertakan. 

1. Mencari informasi program beasiswa

Dalam hal ini, jika Anda masih malas mencari informasi akan kehabisan tempat. Mencari informasi dari sekolah atau kampus adalah cara yang cukup efektif. Terkadang sekolah atau kampus juga menawarkan beasiswa. Selain itu, jangan sungkan untuk bertanya terkait bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan riset sendiri melalui informasi di media sosial. Rajin mengikuti akun media sosial penyedia beasiswa akan mendapatkan informasi yang detail.

2. Nilai Akademik yang Bagus

Berbagai jenis beasiswa memiliki persyaratan akademik. Ada beberapa jenis beasiswa yang mensyaratkannilai akademik seperti IKP minimal 3.00. Jika Anda sudah memiliki gelar sarjana, Anda dapat mengajukan beasiswa Study KIP College.

3. Memenuhi persyaratan kualifikasi

Untuk mendapatkan beasiswa,  Anda harus memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa. Namun, ada syaratnya yaitu tidak sedang menerima program beasiswa apa pun.

Adapun persyaratan lainnya sesuai dengan aturan penyedia beasiswa kuliah gratis dengan lainnya. Anda hanya perlu menyesuaikan apa saja persyaratannya.

4. Persiapkan beberapa dokumen persyaratan

Selain persyaratan kualifikasi, calon penerima beasiswa perguruan tinggi harus bisa memenuhi syarat administrasi. Persayratan administrasi meliputi kelengkapan dokumen seperti KTP, SKCK, dll. Jika Anda memiliki beberapa sertifikasi tambahan, lampirkan untuk melengkapi penilaian Anda.

5. Kefasihan berbahasa Inggris sebagai nilai tambah

Bagi siapapun, bahasa Inggris cukup menakutkan jika menjadi persyaratan. Karena hampir semua perguruan tinggi lebih memilih calon penerima dengan kemampuan bahasa Inggris.

Share:

0 Komentar