Teknologi

Notifikasi WhatsApp Bikin Pusing? Ini 5 Cara Mudah Menonaktifkannya!

Ingat nggak zaman dulu, saat telepon dan SMS masih jadi andalan? Nah, sekarang semuanya berubah sejak ada aplikasi WhatsApp. Aplikasi yang satu ini memang ngebantu banget buat komunikasi, apalagi buat urusan bisnis. Tapi, kadang notifikasi WhatsApp b

Catherine Bonita29 Agustus 2024

Sebelum aplikasi whatsapp muncul, banyak orang menggunakan panggilan telepon maupun SMS. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, orang-orang mulai beralih menggunakan whatsapp dalam melakukan bisnisnya. Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang bisa digunakan oleh para pengguna smartphone. 

Meski begitu, ada kalanya notifikasi pesan masuk dari whatsapp dianggap mengganggu. Nah, kali ini AnakTeknik mau membagikan beberapa tips menonaktifkan aplikasi whatsapp tanpa mematikan data. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini sampai akhir!

Efek dari Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp

Sebelum kamu mulai mematikan aplikasi WhatsApp, ada baiknya kamu mengetahui efek yang ditimbulkan. Dengan begitu, kamu tidak akan kaget atau merasa dirugikan. Berikut tiga efek saat menonaktifkan WhatsApp, antara lain:

  • Tidak bisa mengirimkan pesan, melakukan panggilan telepon, video call.
  • Pengguna lain tidak bisa menghubungi kamu melalui Whatsapp.
  • Kamu harus menggunakan cara lain untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Manfaat Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp

Dengan menonaktifkan aplikasi hijau yang satu ini, kamu akan merasakan beberapa manfaatnya yang antara lain:

  • Meningkatkan quality time dengan keluarga, teman dekat, maupun pasangan. 
  • Meningkatnya kualitas tidur. 
  • Mengurangi stress.
  • Lebih fokus dalam melakukan kegiatan karena tidak ada gangguan.

Kenapa Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp?

Whatsapp, atau WA, saat ini menjadi salah satu aplikasi yang penting bagi banyak orang. Meski begitu, ada saat dimana pengguna Whatsapp tidak ingin diganggu dengan notifikasi.

Hal ini biasanya dilakukan karena ingin fokus liburan, sedang sakit, ingin tidur nyenyak, ataupun sekedar tidak ingin diganggu pesan masuk. Apapun alasannya, menonaktifkan aplikasi Whatsapp bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

Aplikasi Whatsapp
Sumber: Pixabay

Tips Menonaktifkan Whatsapp Tanpa Mematikan Data

Buat kamu yang tertarik untuk menonaktifkan aplikasi whatsapp, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Menonaktifkan Centang Biru

Mematikan centang biru di aplikasi whatsapp merupakan jalan ninja bagi banyak orang yang tidak ingin terganggu notifikasi whatsapp. centang biru sendiri merupakan tanda kalau pesan sudah terbaca. Jika fitur centang biru ini dimatikan, maka pengirim pesan tidak akan tahu apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum. Untuk menonaktifkan fitur yang satu ini, berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih Settings
  • Klik Accounts, lalu Privacy
  • Kemudian geser toggle "Read receipts" ke sebelah kiri untuk menonaktifkan centang biru.

2. Mematikan Last Seen

Jadi di aplikasi Whatsapp ada yang namanya Last Seen yang jika aktif orang lain akan tahu kapan kita terakhir kali membuka aplikasi Whatsapp. Berikut ini tutorial untuk mematikan Last Seen:

  • Buka aplikasi whatsapp lalu klik titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih setting, account, lalu privacy.
  • Klik Last Seen.
  • Pilih nobody untuk menonaktifkan fitur Last Seen.
  • Selesai.

3. Blokir Kontak di Aplikasi Whatsapp untuk Sementara

Tips selanjutnya jika kamu tidak ingin diganggu yaitu dengan cara memblokir sementara kontak whatsapp tersebut. Berikut caranya blokir kontak di aplikasi WhatsApp:

  • Buka salah satu kontak WhatsApp yang ingin diblokir
  • Gulir ke bawah lalu pilih Blokir

4. Hapus Data Aplikasi Whatsapp

Menghapus data di aplikasi yang satu ini tidak akan menyebabkan aplikasi hilang. Hapus data aplikasi tidak akan menyebabkan data di dalam aplikasi WhatsApp terhapus semua. Aplikasi masih akan tersedia di ponsel, namun terlihat seperti aplikasi yang baru diunduh.

Efek dari menghapus data WhatsApp sama seperti uninstall aplikasi WhatsApp yaitu akun kamu dinonaktifkan sementara. Ketika dinonaktifkan sementara, kamu juga tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp. Untuk melakukan tips yang satu ini, kamu perlu melakukan beberapa hal:

  • Mengakses menu pengaturan di ponsel.
  • Mulai menghapus data aplikasi WhatsApp. 

Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, berikut tutorialnya:

  • Buka menu pengaturan Aplikasi.
  • Pilih opsi Kelola Aplikasi.
  • Klik aplikasi WhatsApp.
  • Klik opsi Hapus Data

Setelah menghapus data aplikasi, aplikasi WhatsApp akan di reset dan akun WhatsApp milik kamu akan dikeluarkan. Jika akun dikeluarkan maka kamu tidak akan lagi menerima notifikasi dari WhatsApp. Bila ingin kembali mengakses akun WhatsApp, kamu bisa login lagi di WhatsApp dengan nomor telepon yang sama.

Tips yang satu ini memiliki risiko riwayat chat bisa hilang. Oleh karena itu, supaya riwayat chat tetap tersedia, kamu juga dapat melakukan pencadangan chat terlebih melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk pengguna iPhone) atau Google Drive (untuk pengguna HP Android).

5. Hapus Aplikasi Whatsapp

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah menghapus aplikasi whatsapp dari ponsel kamu. Saat dihapus, akun whatsapp milik kamu secara otomatis akan menjadi nonaktif. Cara menghapusnya yaitu dengan menekan logo aplikasi Whatsapp di ponsel kamu selama beberapa detik, lalu pilih Hapus Aplikasi atau Uninstall. Jika ingin kembali mengakses WhatsApp, kamu tinggal mengunduh kembali aplikasi WhatsApp di HP. Cara yang satu ini memiliki risiko berupa riwayat chat di Whatsapp akan hilang jika tidak di backup. 

Nah, supaya riwayat chat tetap tersedia seperti sebelum aplikasi dihapus, kamu bisa melakukan pencadangan chat terlebih dahulu melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android). Pencadangan chat dan data lainnya bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”. Kemudian, pilih opsi “Cadangkan Sekarang”.

Kesimpulan

Menerima banyak notifikasi Whatsapp biasa sangat mengganggu konsentrasi. Maka dari itu, kamu bisa menonaktifkan sementara aplikasi Whatsapp supaya tidak merasa terganggu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yaa.

Share:

0 Komentar