Pengetahuan

3 Penyebab Gas LPG Dapat Meledak

Gas LPG merupakan barang yang kita gunakan sehari-hari sebagai alat pendukung untuk memasak.

Muhammad Haryo Pambudi11 Januari 2024

Gas LPG merupakan barang yang kita gunakan sehari-hari sebagai alat pendukung untuk memasak. Walaupun saat ini sudah ada kompor listrik, tetapi penggunaannya masih efisien gas LPG. Meskipun begitu, gas LPG tetap memiliki kekurangan di sisi keamanan dan keselamatan manusia.

Karena sifatnya berupa gas, partikel di udara yang bergerak bebas dan tidak terlihat secara kasat mata. Apabila gas mengenai unsur seperti hidrokarbon, oksigen, dan panas yang bersifat percikan api dapat menimbulkan ledakan. Bahkan beberapa kasus hingga menyebabkan hilangnya nyawa manusia.

Hal ini membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Oleh karenanya perlunya kita mengetahui penyebab gas LPG dapat meledak agar dapat mengantisipasinya :

Gas Bocor

Ketika gas sedang mengalami kebocoran, maka akan terdengar suara yang khas seperti ini “Sheeshh” serta tercium bau gas. Apabila sudah mengalami hal seperti itu, maka segeralah cabut regulator gas dan menutup dengan seal. Jika perlu ganti dengan gas yang baru agar lebih aman. Ingatlah bahwa unsur gas tidak boleh bersinggungan dengan api karena dapat menimbulkan ledakan!

Selain itu pengaruh ruangan terbuka ataupun tertutup juga mempengaruhi. Apabila ruangan tertutup, gas dapat menyebar secara cepat keseluruh ruangan yang tentunya dapat membahayakan keadaan disekitar. Sedangkan pada ruangan terbuka gas akan keluar melalui celah yang ada. Penting untuk menjaga sirkulasi udara yang lancar ketika menggunakan tabung gas LPG.

Faktor Manusia Itu Sendiri

Ketika sedang memasak diatas kompor sangat tidak disarankan untuk meninggalkan begitu saja, kecuali sudah dimatikan. Karena salah satu penyebab ledakan yang cukup sering terjadi karena meninggalkan masakan tanpa memastikan keadaan sudah aman atau belum.

Terkadang bisa saja terjadi kebocoran gas ditengah-tengah saat sedang memasak. Selain itu meninggalkan kompor saat sedang memasak, juga bisa terjadi karena ketika mematikan kompor tidak secara penuh hingga terdengar suara “klek”. Hal ini menyebabkan kompor mengeluarkan gas begitu saja, tentunya hal ini sangat berbahaya jika tidak disadari.

Faktor Alat

Baik itu regulator gas, kompor, hingga tabung gas itu sendiri harus memenuhi standar nasional Indonesia yang telah teruji keamanannya. Jika kamu tidak menggunakan alat yang tidak sesuai SNI, maka dampaknya akan kamu alami sendiri. Jangan pernah membeli barang-barang tersebut yang tidak ada SNI nya.

Jangan terpedaya dengan harga yang murah, karena percuma saja murah jika tidak safety yang dapat membahayakan manusia. Keselamatan merupakan yang utama !

 Itulah beberapa penyebab gas dapat meledak, semoga bermanfaat ya  !

Share:

0 Komentar