Kreatifitas

5 Manfaat ChatGPT Dalam Kehidupan Sehari-hari

Di zaman perkembangan teknologi yang modern ini, hampir di segala bidang mengalami digitalisasi kegiatan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi saat ini yaitu hadirnya ChatGPT dalam kehidupan

Muhammad Haryo Pambudi10 Januari 2024

Perkembangan teknologi yang modern membuat segala bidang mengalami digitalisasi kegiatan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi saat ini yaitu hadirnya ChatGPT dalam kehidupan kita. Teknologi yang berbasis Artificial Intelligence ini mampu menjawab pertanyaan kita secara cepat namun belum tentu akurat. Meskipun begitu, ChatGPT tetap dapat berkontribusi dalam memudahkan pekerjaan manusia, berikut adalah listnya :

Merangkum Informasi Yang Ada di Internet

Untuk mendapatkan suatu informasi yang detail namun dikemas dalam bentuk rangkuman, maka yang paling tepat digunakan yaitu ChatGPT.

Apabila kita menanyakan suatu informasi, maka secara otomatis Artifial Intelligence akan mencerna pertanyaan dan menjawab secara cepat dengan merangkum semua informasi yang didapatkan. Sayangnya kita tidak bisa menanyakan sumber perolehan informasi ke ChatGPT, jadi tetap harus mencerna dan mengecek kembali apakah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Dapat Memberikan Solusi Terhadap Suatu Permasalahan

Walaupun ChatGPT tidak memiliki perasaan yang emosional layaknya manusia, namun ChatGPT memiliki kemampuan analisa dan berpikir sesuai algoritma yang telah disusun oleh pembuat ChatGPT. Contohnya, apabila kita seorang desainer website dan sedang memerlukan widget yang belum diketahui codingnya, maka dengan menanyakan ke ChatGPT menjadi solusi yang tepat karena ChatGPT akan memberikan code sesuai bahasa pemrograman yang diinginkan.

Dapat Membuat Susunan Jadwal Yang Terinci

Ketika kita ditugaskan sebagai perencana suatu kegiatan atau event, pasti diperlukan yang namanya rundown event. Terlebih jika baru pertama kali menjalani tugas tersebut, pasti akan mengalami kebingungan terhadap langkah dan susunannya bagaimana. Dengan memanfaatkan ChatGPT kita dapat memperoleh data secara umum mengenai rundown kegiatan sesuai yang kita minta.

Memberikan Suatu Ide Baru

Untuk memperoleh ide yang baru, umumnya kita akan melihat lingkungan disekitar ataupun fenomena yang sedang hangat di berita. Namun ada kalanya kita ingin mencari suatu ide baru yang sesuai dengan permintaan kita sendiri.

ChatGPT dapat memberikan rekomendasi ide sesuai yang kamu inginkan, contohnya saja seorang penulis yang membutuhkan referensi yang banyak agar dapat menciptakan tulisan yang baru setiap harinya, sehingga memerlukan bantuan untuk mendapatkan ide yang unik dalam pelaksanaannya.

Dapat Memahami Perasaan Manusia

Sistem ChatGPT dibangun dengan prinsip Natural Language Processing, sehingga respon yang diberikan sangat mirip dengan manusia yang sebenarnya. ChatGPT dapat memahami perasaan yang sedang dialami manusia, selain itu ChatGPT juga akan mencoba memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Itulah beberapa manfaat ChatGPT dalam kehidupan sehari-hari yang dapat digunakan oleh manusia dalam memudahkan menjalani kehidupan.

Share:

0 Komentar