Opini

Empat Pilar Kehidupan Anak Teknik

materi 4 pilar mahasiswa teknik sebagai bagian pembentuk dari mindset mahasiswa teknik untuk menjadi mahasiswa sebagai mana fitrahnya.

agung tkj6 Agustus 2021

EMPAT PILAR ANAK TEKNIK

Para camaba Teknik harus melewati proses kaderisasi, yang mana di dalamnya terdapat proses pemahaman fundamental tentang seperti apa sih mahasiswa itu. Dan tahapan seperti apa saja yang harus dilewati dan diketahui untuk dijadikan bekal dan pedoman menjadi Mahasiswa Teknik.

Setiap instasi dan hima pasti memeliki tahapan kaderisasi yang berbeda – beda, namun untuk maksud dan tujuan tetap sama, melahirkan pemikiran pada tiap camaba Teknik khususnya agar menjadi mahasiswa sebagaimana fitrahnya.

Ada pemahaman mindset yang keren di Teknik yang mana itu adalah bagian materi dari sin – sin kaderisasi, mindset itu berupa pemahaman 4 pilar. Empat pilar disini bukan yang sering dan secara umum disosialisasikan ya, karna empat pilar anak Teknik dan berlaku secara internel anak Teknik adasendiri. Yang mana diantaranya adalah Kepemimpinan, Organisasi, Solidaritas, dan Kekeluargaan.

Kepemimpinan

Tiap anak Teknik dituntut harus mampu untuk memimpin dirinya sendiri, mahasiswa Teknik sedari camaba sudah mesti disuguhi tentang maksud dan makna mengapa mereka kuliah, mengapa disebut mahasiswa. Hal ini jangan sampai meleset pemahamanya pada tiap mahasiswa Teknik khusudnya.

Tuntutan akan keadaan yang begitu berdinamika baik kehidupan dunia kampus maupun siklus kehidupan social masyarakat yang menimbulkan pilihan – pilihan hidup dan keputusan atas tiap hal maka tiap anak Teknik dituntut untuk mampu memmipin dirinya sendiri.

Harpannya agar tidak gugup dan salah memilih Langkah dari keadaan yang begitu membingungkan dan berdinamika.

Organisasi

Berorganisasi adalah penting bagi mahasiswa Teknik, bayak value yang bisa kita dapat dari berorganisasi, value itu bukan dari organisasinya melainkan pada proses berorganisinya. Sehingga tiap mahasiswa Teknik yang sudah bisa menjadi pemimpin atas dirinya sendiri akan memberi dan secara bersamaan mendapat value tersendiri dari berorganisasi.

Apa yang dimilikinya akan terasah dan terus membaik seiring waktu dan keadaan. Pentingnya berorganisasi akan menjadikan value dari tiap person mahasiswa Teknik menjadi konsisten dan terus update lebih baik lagi.

Solidaritas

Keempat poit dari empat pilir ini saling bersinergi dan berkorelasi, maka Ketika mahasiswa Teknik sudah memasuki fase berorganisasi mereka tentunya sudah mengetahui tujuan dan maksud yang ingin dicapai dari organisasi itu, sehingga dibutuhkan prisip kesolidaritasan yang akan mengikat tiap pihak dalah satu komitmen untuk mencapai apa yang dimaksud dari suatu organisasi.

Kekeluargaan

Ketika Mahasiswa Teknik sudah mampu memimpin dirinya sendiri, sehingga Ketika masuk dalam berorganisasi menjadikan nya pribadi yang bijak dan santun, kemudian memiliki komitmen dari kesadaran Solidaritasnya, maka mahasiswa Teknik akan mendapat kehikmatan dalam bersosial berkelurga dan menjalin relasi dan komunikasi secara baik dalam wadah kekeluargan yang harmoni.

#salamsatuteknik

Share:

0 Komentar