Pengetahuan

5 Dokumen Wajib Pengawas Lapangan dalam Dunia Konstruksi

5 Dokumen Wajib untuk meningkatkan kualitas pekerjaan dan kompetensi dari Pengawas Lapangan dalam dunia konstruksi

Rollan Missi17 September 2024

Pengawas lapangan merupakan salah satu komponen kunci yang akan memastikan kelangsungan sebuah proyek berjalan dengan baik. Pengawas lapangan diberikan tanggungjawab untuk mengawasi, mengarahkan dan mengevaluasi setiap pekerjaan yang berlangsung di lapangan dengan mengacu pada dokumen perencanaan.

Dalam praktiknya, pengawas lapangan harus dibekali dokumen untuk memastikan pekerjaan dapat terlaksana. Dokumen tersebut sangat umum ditemukan dalam pelaksanaan suatu proyek yang menerapkan Standard Operational Procedure atau SOP yang bersifat memandu pelaksanaan proyek yang tentunya berintegrasi dengan penerapan Sistem Manajemen K3 atau SMK3.

Berikut adalah beberapa dokumen wajib yang harus dimiliki dan dikuasai oleh pengawas lapangan.

Gambar Kerja / Shop Drawing

Gambar kerja merupakan produk perencanaan yang memiliki kemampuan memadai serta kompetensi yang sudah diakui. Gambar kerja yang baik dapat memberikan panduan dalam bentuk 2 dimensi sebuah konstruksi pada pengawas lapangan. Beberapa gambar kerja menyertakan Detail Engineering Design (DED) atau desain terhadap detail konstruksi seperti sambungan baja. Meskipun terbilang lengkap, gambar kerja membutuhkan beberapa penyesuaian agar bisa mengikuti kondisi ideal di lapangan. Pengawas Lapangan harus mampu untuk melihat dan memberikan solusi terkait penyesuaian tersebut.

Laporan Kemajuan Pekerjaan

Dokumen ini merupakan dokumen rutin yang harus dikeluarkan pada periode tertentu. Laporan kemajuan biasanya dibuat menjadi laporan harian, mingguan atau bulanan yang bertujuan untuk melacak kemajuan pekerjaan dan menyesuaikannya dengan jadwal rencana / Kurva S. Apabila kemajuan pekerjaan yang tertera pada laporan menunjukkan deviasi minus yang menandakan bahwa kemajuan pekerjaan secara keseluruhan terlambat dari jadwal rencana, maka pengawas lapangan dapat melaporkan hal tersebut sehingga bisa dilakukan perbaikan untuk mengejar kemajuan pekerjaan tersebut. Selain untuk melacak kemajuan pekerjaan, laporan bisa menjadi dasar untuk menagih termin pembayaran kepada pemilik proyek atau owner.

Formulir Quality Control

Formulir request pekerjaan atau formulir inspeksi struktur beton bertulang diperlukan sebagai panduan pengawas lapangan untuk memastikan pekerjaan tersebut terkontrol secara kuantitas dan kualitas. Dengan adanya formulir seperti ini maka secara tidak langsung akan mengarahkan pengawas lapangan untuk memeriksa kembali kecocokan setiap pekerjaan yang tertera pada dokumen perencanaan. Dalam praktiknya, formulir ini biasanya dikeluarkan oleh pihak Quality Assurance / Quality Control atau QA/QC untuk kebutuhan pekerjaan dan evaluasi berkala nantinya.

Daftar Barang Masuk dan Keluar

Manajemen pengadaan barang dengan memperhitungkan biaya dan waktu menjadi tolak ukur keberhasilan suatu proyek. Selain mencatat setiap barang-barang yang digunakan, apabila dikerjakan dapat menjadi acuan cost control suatu proyek. Pengawas lapangan harus senantiasa melacak setiap pemakaian dari bahan yang digunakan agar dapat menjaga kuantitas dan bisa menjadi dasar dalam penghematan untuk pengadaan barang selanjutnya.

Backup Data atau Perhitungan Volume Pekerjaan

Pengawas lapangan harus memilik kemampuan untuk dapat menghitung volume pekerjaan yang terpasang di lapangan. Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kualitas pekerjaan pada pemilik atau owner, backup data dapat menjadi sarana untuk membandingkan volume pekerjaan apakah sesuai dengan yang terhitung pada rencana anggaran biaya (RAB).

Backup data dapat menjadi tools untuk membantu melakukan evaluasi terhadap cost control suatu proyek. Selain itu, backup data dapat menjadi dasar dalam melakukan pembayaran terhadap pekerjaan subkonktraktor ketika melakukan opname hasil pekerjaan.

Demikian untuk beberapa dokumen wajib untuk para pengawas lapangan. Secara umum, format dokumen wajib tersebut bersifat umum dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan proyek dengan referensi yang tersedia sangat mudah ditemui. Dengan mengetahui dan mengusai penggunaan dokumen tersebut, pengawas lapangan dapat meningkatkan kualitas pekerjaan mereka dan kompetensi mereka dalam bidang konstruksi.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait