Pengetahuan

Mengenal Wiremesh dan Aplikasinya pada Dunia Konstruksi

Wiremesh sebagai alternatif pembesian untuk struktur beton bertulang untuk meingkatkan kekuatan tarik struktur

Rollan Missi3 September 2024

Penggunaan besi tulangan pada struktur beton bertulang dapat memikul setiap gaya yang bekerja padanya. Sifat mekanis dari besi tulangan dapat meningkatkan kekuatan tarik struktur. Besi tulangan yang digunakan pun bervariasi dalam bentuk dan diameter yang digunakan. Penentuan bentuk, jenis dan diameter besi tulangan yang digunakan berdasarkan hasil analisa untuk struktur yang aman, kuat dan efisien.

Perkembangan teknologi sejauh ini memperkenalkan alternatif untuk penggunaan besi tulangan konvensional yaitu Wiremesh. Wiremesh adalah jaringan kawat baja yang disusun dalam bentuk persegi atau persegi panjang.

Secara komersil, Wiremesh dijual dalam bentuk gulungan atau lembaran berukuran 2.1 m x 5.4 m dengan variasi berat mengikuti diameter besi yang digunakan. Wiremesh lembaran sering digunakan pada struktur lantai beton dan dinding beton. Wiremesh gulungan cocok digunakan di jalan raya, lapangan dan landasan pacu.

Wiremesh terbentuk dari besi tulangan dengan jarak 150 mm arah melintang dan memanjang.

Memperkuat Struktur Beton

Penggunaan Wiremesh yang telah terfabrikasi memberikan distribusi beban yang merata sehingga membuat beton menahan gaya tarik.

Kemudahan Pemasangan

Bentuk yang sudah disediakan di pasaran memungkinkan pengerjaan di lapangan dari pada besi tulangan konvensional. Wiremesh membantu mengurangi waktu pekerjaan serta tidak memerlukan kawat beton atau bendrat untuk mengikat tiap besi tulangan.

Efisiensi Biaya

Wiremesh memungkinkan pengurangan volume beton yang digunakan karena berfungsi sebagai penguat yang efektif. Ini membantu mengurangi biaya bahan dan tenaga kerja.

Dalam pelaksanaannya, Wiremesh sering kali digunakan untuk beberapa jenis konstruksi seperti lantai, dinding, jalan, panel beton pracetak serta digunakan pada jembatan, terowong atau bendungan.

Berikut adalah jenis Wiremesh yang beredar di Indonesia dengan berat masing-masing lembarannya:

  • Wiremesh M4   : 15.45                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M5   : 24.14                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M6   : 34.76                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M7   : 47.31                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M8   : 61.79                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M9   : 78.20                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M10 : 96.55                kg/lembar (Sumber: wiramas.com)
  • Wiremesh M12 : 139.02              kg/lembar (Sumber: wiramas.com)

Dengan keunggulannya dalam hal kekuatan, efisiensi biaya, dan kemudahan pemasangan, Wiremesh menjadi pilihan yang tepat untuk lantai beton bertulang hingga proyek 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait