Kreatifitas

Tips Berorganisasi di Masa Pandemi, Tetap Aktif dan Berkonstribusi

Organisasi adalah suatu perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerjasama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.

7 Organisasi Ekstra Kampus Terbesar di Indonesia, Maba Wajib Tahu ! -  Heylaw Blog

Kiat untuk tetap aktif di organisasi Anda selama pandemi. Pandemi COVID-19 membuat kegiatan organisasi tidak berjalan seperti yang diharapkan. Banyak program kerja yang harus dibatalkan atau ditunda. Tentu saja diperlukan berbagai penyesuaian agar organisasi tetap beroperasi sesuai rencana. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin tetap teratur selama pandemi.

 1. Menjaga komitmen

Arti KOMITMEN adalah: Memahami Apa Itu Komitmen dan Contohnya

Hambatan utama untuk berorganisasi selama pandemi adalah komunikasi. Semua kegiatan berlangsung secara online, termasuk rapat dan koordinasi. Ini bisa menjadi tantangan bagi Anda.

Aktivitas online saja mungkin membuat Anda merasa kurang bertanggung jawab. Misalnya: malas menghadiri rapat, pasif dalam rapat, melalaikan tugas, dll. Tak sedikit anggota panitia bahkan membodohi anggota panitia lainnya dengan menghilang begitu saja tanpa kabar.

Tentu saja, itu bukan hal yang baik. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari organisasi, maka ini adalah kondisi yang baik bagi Anda untuk belajar bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam tugas-tugas yang Anda miliki.

 2. Tetap Terhubung dan Aktif

Cara Sadap Isi WhatsApp Suami, Trik Jitu Menangkap Pelakor! - Semua Halaman  - Grid Hot

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kendala terbesar untuk berorganisasi di masa pandemi seperti ini adalah komunikasi. Tips kedua bagi Anda adalah tetap bersilaturahmi dan bersilaturahmi dengan panitia atau anggota organisasi lainnya.

Contoh: bekerja dalam kelompok, menjawab ketika seseorang mengajukan pertanyaan, dll. Ini akan meninggalkan Anda tanpa rasa kebersamaan dalam kerangka organisasi.

 3. Adakan rapat rutin

Bagaimana Cara Mengadakan Rapat yang Efektif? - Codemi

 Rapat rutin harus diadakan untuk mengingatkan kita bahwa kita adalah bagian dari suatu organisasi. Selama pertemuan ini, Anda dapat mendiskusikan perkembangan organisasi, tujuan, rencana, dll. Selain itu, perlu juga diselenggarakan kegiatan yang dapat saling menguatkan, seperti games atau kuis, agar anggota dapat saling mengenal.

 4. Siapkan Kuota Data Internet

Cara Lock Jaringan Android ke 3G atau 4G | Ikeni.net

Bergabung dengan organisasi di masa pandemi seperti ini menuntut Anda untuk terlibat dalam berbagai aktivitas online. Selain itu, aktivitas ini mengharuskan Anda untuk menyalakan kamera selama rapat online. Tentunya berdampak pada konsumsi kuota internet yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jadi kalau ikut organisasi di masa pandemi ini jangan lupa siapkan ekstra kuota internet ya?

 5. Buat rencana aksi yang jelas dan saling mengingatkan

Tip mengatur waktu agar lebih efisien

Salah satu hal yang terkena dampak pandemi adalah cara Anda mengatur waktu. Di rumah, Anda mungkin merasa sulit membedakan antara universitas, organisasi, dan waktu luang Anda. Hal ini dimungkinkan karena selama pandemi ini kita mengadakan konferensi dan kegiatan di tempat yang sama dan dalam suasana yang sama kita menghabiskan waktu santai di rumah.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat rencana tindakan dan kemajuan untuk tugas-tugas yang Anda miliki, ini dimaksudkan untuk membuat Anda tetap fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas organisasi Anda. Selain itu, Anda juga harus mengingatkan teman Anda tentang tugas yang mereka miliki.

 6. Ambil kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang

Bagaimana Cara Berkenalan di Era New Normal? Materi Belajar dari Rumah SD  Kelas 1 - 3 - Semua Halaman - Bobo

Saran untuk bergabung dengan organisasi selama pandemi terakhir adalah menggunakan masa pandemi ini untuk bergabung dengan organisasi nasional. Anda mungkin tidak dapat bergabung dengan organisasi-organisasi ini sebelum pandemi karena kendala jarak dan waktu.

Sekarang Anda dapat bergabung dengan banyak organisasi, komite, sukarelawan di lokasi mana pun karena aktivitas hanya dilakukan secara online. Kamu bisa menggunakannya untuk memperpanjang hubungan, lho.

Jadi, inilah enam tips berorganisasi selama pandemi yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan organisasi Anda. Menurut Anda, apa saja tips yang perlu diketahui orang lain tentang berorganisasi saat pandemi?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait