Opini

Tips Membuat Kesan Yang Tak Terlupakan Saat Bertemu

Memiliki teman adalah hal yang menyenangkan. Namun ada kalanya kita masuk ke dalam lingkungan baru tanpa orang yang kita kenal.

Hidup Semakin Asik Saat Basa-basi Dengan Orang Yang Belum Kita Kenal –  Mzochim

Siapa pun ingin dikenang selamanya dan meninggalkan kesan positif saat pertama kali bertemu. Namun, tidak semua orang bisa melakukan ini. Karena ada banyak hal kecil yang penting namun diabaikan, seperti kontak mata saat berbicara. Berikut adalah delapan tips untuk menjadi orang yang akan Anda ingat saat bertemu.

1. Jadilah menarik dan memuji

jadilah sosok menarik

Ketika Anda membuat seseorang tertawa, bahagia, atau dikagumi, mereka secara alami akan mencocokkan perasaan mereka terhadap Anda. Menurut psikolog Anne Demarais, pendiri perusahaan pelatihan perilaku First Impressions, ketika Anda dengan tulus memuji seseorang yang baru saja Anda temui, mereka lebih cenderung menginternalisasi emosi positif Anda. Tapi sanjungan tidak cukup, Anda perlu memancarkan suasana ramah dan sikap yang dianggap tulus.

2. Lakukan percakapan yang seimbang

percakapan manusia

Hindari percakapan yang monopolistik. Dengan kata lain, bicarakan tentang diri Anda terlebih dahulu, lalu ajukan pertanyaan, pastikan untuk memberi orang lain kesempatan untuk berbicara dengan siapa. Dialog terbaik adalah menciptakan peluang untuk saling menguntungkan. Di sisi lain, jika hanya Anda yang berbicara dan teman Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengobrol bersama, maka percakapan tersebut akan membosankan.

3. Berpakaian sopan

berpakaian rapi

Jika Anda ingin akhir yang bahagia, berpakaianlah dengan sopan. Penampilan Anda juga akan mempengaruhi cara Anda menjadi diri sendiri. Jika Anda ingin orang lain menghormati Anda, hargai diri Anda terlebih dahulu. Tidak perlu memakai pakaian yang mewah dan mahal. Pakai saja pakaian yang bersih dan bebas bau agar orang-orang di sekitar Anda merasa nyaman.

4. Tunjukkan Ketertarikan

ketertarikan

Cara efektif untuk membuat kesan yang baik pada seseorang yang baru Anda temui adalah dengan menaruh minat pada percakapan. "Ketika Anda tertarik, Anda menarik," kata Jill Spiegel, penulis "How to Talk About Anything with Everyone." Mengajukan pertanyaan dan menunjukkan minat (seperti mengangguk atau tersenyum) akan membuatnya merasa dikagumi, yang pada gilirannya akan membuatnya mengagumi Anda.

5. Perkenalkan diri Anda dengan tepat

memperkenalkan diri

Perkenalkan diri Anda dengan ramah, singkat dan jelas. Anda tidak perlu mengatakan apa-apa tentang penyakit Anda, gaji Anda, suasana hati bos Anda yang buruk, hal-hal sepele ini. Jika teman Anda ingin tahu lebih banyak tentang Anda, Anda dapat memberitahu mereka.

6. Berpartisipasi dalam percakapan

diskusi

Tujuannya bukan hanya untuk menjadi bagian dari ruangan atau percakapan, tetapi untuk menambah nilai percakapan. Saat terlibat dalam percakapan, ingatlah bahwa Anda benar-benar memahami topik yang sedang dibahas.

Metode pelayanan lainnya adalah dengan aktif mencoba membuat semua orang di sekitar Anda merasa lebih nyaman dan mencoba memperkenalkan orang yang belum pernah Anda temui dalam percakapan sebelumnya. Orang lain akan terinspirasi oleh kepemimpinan Anda.

 7. Kontak Mata

kontak mata

Tidak peduli dengan siapa Anda berbicara, kontak mata adalah kunci untuk membuat orang lain tetap tertarik dan terlibat. Kontak mata menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tulus. Orang lain yang Anda ajak bicara secara alami akan berpikir Anda menghargainya.

8. Ketahui kapan percakapan berakhir

percakapan berakhir

Dalam situasi apa pun, Anda perlu mengetahui kapan percakapan berakhir dan memberi kesan positif. Jika pihak lain tidak lagi memperhatikan Anda atau meringkas percakapan, itu berarti percakapan akan segera berakhir. Jangan sampai temanmu ingin mengakhiri pembicaraan dan kamu masih berkonsentrasi bercerita. Anda dapat dianggap sebagai teman yang cerewet dan membosankan.

Tidaklah sulit untuk menjadi orang yang menarik dan mudah diingat. Itu semua tergantung bagaimana kita bersikap dan memperlakukan orang lain. semoga berhasil.

 

 

Share:

0 Komentar