Pengetahuan

Yakin Bisa Lulus dari Jurusan Ini? Kuliah di Jurusan Yang Tidak Mudah!!!

Wisuda merupakan penegasan atau pengukuhan bagi mereka yang telah menyelesaikan studinya.

Menjadi  mahasiswa Fakultas Impian merupakan berkah yang tak terbantahkan. Tapi bagaimana cara mengatasinya? Tahukah Anda bahwa ada jurusan yang dianggap horor karena untuk lulus kuliah sulitnya  bukan main

Teknik Arsitektur

teknik arsitektur

Banyak orang bilang belajar arsitektur itu sulit, tapi adakah yang pernah bilang kalau kuliah arsitektur jauh lebih sulit? Bahkan, lebih dari separuh dosen baru memilih keluar karena tidak mampu lagi melanjutkan studi. 

Bayangkan saja konferensi studio berlangsung enam jam sehari, lalu tiga kali seminggu. Selain itu, kesalahan 0,5 cm saat menggambar sepanjang hari mungkin memiliki gambar baru di hari yang sama. Tapi belajar arsitektur bukan hanya untuk menggambar! 

Arsitek belajar kombinasi teknik dan seni dalam perencanaan, konstruksi dan dekorasi ruang buatan, interior, eksterior, area, perencanaan kota. Menjadi mahasiswa arsitektur berarti Anda harus menjadi seseorang yang memiliki persediaan ide kreatif yang tidak terbatas, peduli dengan lingkungan, memiliki pengetahuan yang mendalam tentang desain.

Ekonomi

ekonomi

Meski disebut Ekonomi, atau Whole Development Economics (IESP), mahasiswa jurusan ini terutama mempelajari statistik dan matematika - tentu saja di bidang ekonomi. Di sinilah Anda belajar ekonomi makro, ekonomi mikro, alat kuantitatif, ekonomi publik, ekonomi pembangunan, ekonomi tunai, ekonomi bisnis, dll. .

Yang terbaik adalah tidak melewatkan kursus ini jika Anda tidak memiliki keterampilan lisan, kemauan keras, dan konsistensi. Banyak mahasiswa di jurusan ini yang pindah ke manajemen atau akuntansi karena belajar ekonomi sulit dipahami.

Teknik Sipil

teknik sipil

Tentu saja, spesialisasi ini sangat diminati - apakah Anda salah satunya? Tapi pergi ke perguruan tinggi tidak mudah, lho! Anda harus mahir dalam matematika, biologi, fisika, geologi, bahkan ilmu lingkungan dan ilmu komputer - Anda harus sangat fleksibel, kan!

Mengapa begitu banyak, sungguh? Bagaimanapun, mahasiswa sipil harus mampu memahami kebutuhan manusia dalam setiap desain, konstruksi, dan renovasi bangunan, infrastruktur, dan lingkungan.

Matematika

matematika

Matematika sulit bagimu, bukan? Yang jelas sampai saya masuk kuliah, memahami bahasa matematika yang penuh dengan rumus dan angka, butuh dedikasi dan kerja keras. Bayangkan, Anda tidak melihat bahasa manusia seperti ini setiap hari.

Tetapi menjadi fasih dalam matematika berarti Anda dapat menemukan solusi untuk banyak fenomena berbeda dalam hidup. Karena itu, matematika dikenal sebagai ibu dari sains karena merupakan pengetahuan dasar dari sains terapan.

Teknik Komputer

teknik komputer

Ini adalah mata pelajaran utama anak-anak saya, Matematika. Dalam ilmu komputer, Anda akan menerapkan banyak logika matematika untuk manajemen informasi. Tidak jarang mahasiswa ilmu komputer membuat software pengelolaan data, terutama saat menulis skripsi.

Agar Anda selamat lulus dari fakultas ini, terus asah kemampuan Anda untuk berpikir logis dan terstruktur. Tetapi jika ilmu komputer menjadi keahlian Anda, jangan berkecil hati dengan menyelesaikan gelar sarjana Anda. Karena baik di dalam maupun di luar negeri, IT adalah mata pelajaran yang agak sulit.

Farmasi

farmasi

Ini adalah Farmasi, bukan - bukan apotek di koridor rumah sakit atau apotek di lorong berikutnya. Kursus ini adalah tempat Anda akan belajar tentang obat-obatan, baik sintetis maupun alami. 

Seperti yang Anda duga, dasar dari farmasi adalah kimia. Waktu untuk memeriksanya, bagaimana skor kimia Anda sejauh ini? Memang banyak teman-teman yang ingin mempelajari spesialisasi ini, namun sayangnya tidak semua dari mereka tahu betapa sulitnya belajar farmasi. 

Mahasiswa farmasi harus mahir dalam bidang kimia, biologi, kesehatan masyarakat, manajemen, dan pemasaran. Kelas pelatihan diadakan secara teratur dan laporan latihan juga tertunda. Menjadi orang di belakang meja berarti mampu memahami resep tertulis dokter dan mengingat nama kimia dan bahan setiap obat.

Kedokteran

kedokteran

Namun, Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar, tentu Anda pernah mendengar betapa sulitnya lulus dari fakultas kedokteran. Maaf belum? Memang jurusan ini sering dinanti banyak orang tua. Selain kelebihan Fisika, Biologi dan Kimia, menjadi calon dokter adalah menjadi dokter. dan aspek psikologis diagnosis. 

Pelajaran kedokteran tidak terbatas pada ilmu dasar seperti biokimia, fisiologi, anatomi, tetapi Anda akan belajar farmakologi bahkan tanpa mencampur obat secara langsung. Itu saja, proses belajar hingga mendapatkan gelar PhD untuk praktik mandiri juga cukup panjang dan berliku.

 

Jadi, apakah jurusan impianmu masuk ke salah satu jurusan di atas? Jangan buru-buru menyerah dulu dan ganti jurusan, ya!

 

 

Share:

0 Komentar