Pengetahuan

Kenapa Harus Belajar Bahasa Pemrograman?

Programming merupakan salah satu hard skill yang perlu dikuasai di era teknologi digital, banyak solusi yang bisa dihasilkan dari belajar pemrograman dan membuka kesempatan berkarir yang lebih luas.

Sadar ngga, sekarang ini semakin banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena menggunakna teknologi digital. Pasti terbayang dong, bagaimana pesatnya perkembangan teknologi di jaman sekarang. Teknologi yang semakin berkembang ini pastinya tidak terlepas dari kegiatan programming. Maka dari itu kamu perlu belajar tentang bahasa pemrograman dan cara penerapannya.

Memangnya kenapa sih kita perlu belajar programming?

Sebelum lanjut membahas mengapa perlu belajar programming, kamu wajib tahu nih ternyata programming itu mempunyai makna yang berbeda dengan coding loh.

Apa perbedaan antara programming dan coding?

Programming adalah proses menganalisis dan membuat konsep sistem pada software dengan satu atau lebih bahasa pemrograman. Sedangkan coding adalah proses menuliskan sederet kode sesuai dengan aturan penulisan yang telah ditentukan oleh masing-masing bahasa pemrograman. Jadi bisa disimpulkan, agar kita bisa memahami tentang programming kita harus belajar dulu tentang coding.

Nah, selanjutnya ada beberapa alasan mengapa kamu perlu belajar programming di era yang serba digital ini. Langsung aja simak penjelasannya di bawah ini!

Salah Satu Pekerjaan yang Fleksibel

Fleksibel di sini maksudnya, banyak perusahaan dari berbagai bidang yang membutuhkan programmer untuk mengembangkan situs maupun aplikasi yang berbasis web atau mobile. Di jaman sekarang ini perusahaan butuh banget tenaga IT sebagai pendukung dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain itu, banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan ini dilakukan secara remote.

Banyak Jurusan yang Menerapkan Programming

Ngga hanya di jurusan teknik informatika atau sistem informasi aja lo yang menghasilkan produk berupa software. Ada kok beberapa jurusan lain seperti teknik elektronika, teknik industri, hingga statistika yang membutuhkan kemampuan programming dalam menyelesaikan masalah di bidangnya masing-masing. Tidak jarang juga mahasiswa dari jurusan tersebut menghasilkan produk yang berkaitan dengan jurusannya dengan menggabungkan antara software dan hardware.

Mengasah Kemampuan Problem Solving

Seorang programmer harus bisa membuat konsep sistem software untuk menghasilkan sebuah solusi. Dalam membuat konsep tersebut, perlu ketajaman berpikir dalam menyelesaikan masalah menggunakan logika. Bahasa pemrograman sebagai bahasa mesin, sehingga manusia membutuhkan usaha lebih untuk menerjemahkan dari bahasa manusia ke bahasa mesin. Dengan belajar programming, akan meningkatkan kemampuan berpikir dengan logika agar codingan dapat bekerja.

Melatih Berpikir Kreatif

Belajar programming dapat melatih berpikir kreatif dan out of the box agar produk yang dikembangkan memiliki fitur yang berbeda dari kompetitornya. Dalam menulis deretan kode sering terjadi kesalahan, karena hal tersebutlah para programmer dituntut untuk berpikir kreatif dalam memperbaiki kesalahan penulisan kode yang sudah dibuat.

Menjadi seorang programmer merupakan salah satu profesi yang menjanjikan baik di masa sekarang maupun masa depan, mengingat teknologi digital yang semakin banyak diterapkan di berbagai perusahan kecil hingga multinasional di Indonesia.

Masih ngga berminat buat belajar bahasa pemrograman?

Yuk mulai belajar dari sekarang, siapa tau kamu bisa jadi programmer hebat!

Share:

0 Komentar