Pengetahuan

5 Cara Ini Bisa Kamu Pakai Biar Bisa Lebih Fokus Saat Kuliah Online

Pasti kamu pernah ngerasain dong susah fokus waktu kuliah online? ya ngantuk lah, ke-distract handphone dan lain-lain. Yuk simak tulisan inii, siapa tau bisa merubah proses belajar kamu. Syukur-syukur kalau nilainya bisa naik juga hehehe

Sudah setahun lebih pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia menjalani kuliah daring ini. Apakah kamu termasuk yang sudah beradaptasi atau malah masih kesusahan untuk fokus dan produktif dalam proses pembelajaran?

Tenang ajaa kalau kamu masuk di dalamnya, karena memang untuk "FOKUS" di saat pembelajaran online seperti ini sulit untuk dilakukan, tapi bukan berarti kita tidak berusaha untuk fokus kan? Nahh, cobain deh 5 cara ini biar kamu bisa lebih fokus buat ngejalanin proses belajar online.

1. Buat Suasana Senyaman Mungkin

Coba sebelum memulai proses kuliah buat dirimu dan tempat belajarmu seenak dan senyaman mungkin. Kamu bisa mandi dulu, pakai pakaian rapi, membersihkan meja belajar, kalau perlu buat kopi atau minuman kesukaanmu biar tambah semangat. Ternyata hal ini gabisa disepelein loh guys, soalnya disaat kita melihat lingkungan yang sumpek, gak rapih dan terkesan kotor, mood kita untuk belajar bisa turun.

Nah makanya, yuk mulai ngebersihin kamar kita. Minimal meja belajar dulu deh, nanti kalau sudah terbiasa baru berisihin yang lain juga biar space di sekitar kita semakin nyaman!

2. Jauhkan Gadget dari Tempat Belajarmu

Kita pasti tau dong, gadget punya daya tarik lebih buat kita. Apalagi kalau sudah masuk dunia sosial media dan game yang menggoda banget buat dimainin. Nahh buat mencegah kamu terdistract dengan gadget, kamu perlu untuk menjauhkan gadget dari tempat belajarmu. Bahkan kalau perlu, kamu bisa mematikannya terlebih dahulu biar bisa lebih fokus dan tidak terpanggil dengan suara notifikasi.

Hal ini ternyata sangat berpengaruh loh. Coba pikirkan, gimana bisa kita fokus disaat kita punya 2 layar untuk ditatap secara bersamaan? hmmm susah kan yaa

3. Jangan Rebahan!!

Nah ini nih yang seringkali jadi penyebab ketiduran. Posisi kita dalam belajar sangat menentukan bagaimana kefokusan kita loh. Mungkin buat beberapa orang masih bisa fokus untuk belajar dengan rebahan, tapi dengan rebahan akan membuat diri kita cenderung lebih mudah mengantuk. Apalagi kalau dosennya jelasin materi yang susah buat dipahamin.

Coba ubah posisi belajar kamu dengan duduk tegak boleh diatas kursi ataupun di lantai. Dengan mengubah posisi kita dalam belajar, akan membuat kita satu langkah lebih dekat dengan FOKUS.

4. Mencatat

Setelah mempersiapkan tempat belajar, menjauhkan gadget dan memposisikan diri dengan benar, sekarang adalah hal yang harus kamu lakuin selama pembelajaran online berlangsung. Mencatat memaksa kita buat fokus selama belajar. Kita bisa gunain aplikasi-aplikasi di laptop seperti Ms.Word, Notion dan apapun itu.

Kamu juga bisa gunain buku tulis untuk mencatat. Cobalah untuk mencatat apa-apa yang belum ada di power point dosen/guru kamu. Sehingga saat nanti kamu butuh materi untuk belajar, kamu bisa dapetin 2 materi sekaligus. Lumayan kan? 

5. Jangan Lupa Istirahat

Setelah kira-kira satu atua dua jam di depan laptopmu, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata yaa guys. Coba untuk keluar kamar dan melihat cahaya di luar rumah. Biar badanmu nggak kaku juga, kamu bisa sedikit menggerakkan tubuhmu.

Jangan memforsir badan kamu buat belajar terus yaa guys, gapapa kok sekali-kali istirahat. Main sama temen (jangan lupa prokes yaa), nge-netflix dan apapun yang bisa bikin otakmu kembali fresh lagi. Karena kebahagiaan kita juga akan mempengaruhi produktivitas kita. 

Nahh itu 5 cara yang bisa kamu lakuin biar kamu semakin fokus dan efektif buat belajar online. Semangat yaa yang sedang menjalani per-onlen-an ini

Share:

0 Komentar