Pengetahuan

Jangan Salah Paham, Inilah Jurusan Teknik Sipil

Jangan salah paham, begini ternyata Jurusan Teknik Sipil dan perbedaanya dengan Arsitek

Wafi Hariry10 September 2022

Masih banyak yang mengira kalau kuliah di jurusan Teknik Sipil nantinya akan bekerja di Kantor Kepegawaian Sipil. Apakah memang benar begitu? Nyatanya tidak demikian. Teknik Sipil dan Kantor Kepegawaian Sipil tidak ada kaitannya, sob.

Lalu, apa yang disebut Teknik Sipil ini? Pada artikel ini, akan dibahas apa itu Teknik Sipil dan apa saja yang dipelajari selama kuliah.

Definisi teknik sipil

Teknik sipil tersusun dari 2 (dua) kata : Teknik dan Sipil. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Teknik berarti pengetahuan atau metode dalam membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri. Sedangkan sipil berarti berkenaan dengan penduduk atau rakyat.

Dapat disimpulkan, Teknik Sipil adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan atau metode membuat sesuatu yang berkenaan dengan konstruksi industri yang kaitannya dengan rakyat.

Oleh karena itu, jurusan Teknik Sipil ini mempelajari tentang konstruksi industri, yaitu bangunan. Bangunan bukan hanya rumah tinggal melainkan gedung jembatan, menara, bendungan, drainase, pelabuhan, jalan, jalan kereta api, dan sebagainya yang masih ada kaitannya dengan konstruksi sipil.

Teknik sipil Vs arsitektur

Ada juga yang mengira bahwa Teknik Sipil dan Arsitektur sama-sama merancang bangunan. Namun, secara mendasar keduanya tidaklah sama. Teknik sipil lebih memfokuskan perancangan bangunan kepada kekuatan dan ketahanan bangunannya. Dalam hal ini adalah struktur bangunan dan yang mempengaruhinya. Seorang Insinyur Sipil akan membuat perhitungan kekuatan beban dan daya dukung konstruksi.

Sedangkan arsitektur, ia lebih memfokuskan perancangan bangunan kepada desain estetika dari sebuah bangunan. Seorang Arsitek akan mendesain bentuk bangunan dengan memperhatikan aspek proporsi dan estetika. 

Singkatnya, Teknik Sipil = perhitungan struktur dan Arsitektur = desain estetika.

Mata kuliah teknik sipil

Teknik Sipil akan mempelajari struktur, maka tidak akan jauh dari perhitungan dan analisa.

Di tahun pertama, teman-teman akan mendapatkan pembelajaran mata kuliah umum dan mata kuliah pengantar Teknik, seperti Kalkulus, Fisika Dasar, Gambar Teknik, dan lainnya.

Mulai masuk di tahun kedua sampai seterusnya, mata kuliah akan berfokus pada perhitungan struktur dan analisa seperti Mekanika Teknik, Mekanika Tanah, Geologi Teknik, Drainase, Struktur Beton Baja dan Kayu, Perkerasan Jalan, Struktur Jembatan, Hidrologi, Manajemen Proyek, Ekonomi Teknik, serta yang semacamnya.

Cabang Teknik Sipil

Di dalam Teknik SIpil terdapat 5 (lima) cabang atau lima penjurusan, yaitu :

  • Struktur Bangunan berfokus mempelajari tentang perhitungan struktur dari sebuah bangunan.
  • Geoteknik mempelajari tentang struktur dan karakteristik dari tanah sebagai penyokong bangunan.
  • Hidrologi, yaitu cabang yang mempelajari tentang pengairan atau karakteristik bangunan air.
  • Transportasi, yaitu cabang yang mempelajari tentang sistem infrastruktur sarana dan prasarana transportasi.
  • Manajemen Konstruksi mempelajari tentang memanage, mengatur, mengelola sebuah proyek konstruksi.

Sebenarnya, kita akan mempelajari semua cabang tersebut hanya sebagai pengantar. Nantinya, apabila teman-teman memilih salah satu cabang untuk memperdalam tentang cabang yang dipilih. Demikianlah penjelasan singkat mengenai jurusan Teknik Sipil. Semoga dapat menjawab seputar pertanyaan Teknik Sipil. Terima kasih.

Share:

0 Komentar