Pengetahuan

Bagaimana Sejarah Berdirinya Mesin Pendingin Modern

Mesin pendingin merupakan suatu alat yang berperan penting dalam kehidpan umat manusia yang dimana mesin pendingin ini digunakan sebagai alat untuk pengkondisian atau mengubah suhu udara di dalam suatu ruangan.

Sulaiman Wiji Husada13 Desember 2023

Mesin pendingin merupakan alat yang untuk mengubah suhu udara didalam ruangan dengan cara memindahkan panas dari dalam ruangan ke luar ruangan untuk menjadikan temperatur benda/ruangan tersebut lebih rendah dari temperatur lingkungan sehingga dapat menghasilkan suhu/temperatur dingin.

Sejarah mesin pendingin

Panas merupakan permasalahan yang mengakibatkan ketidaknyamanan karena kelembaban udara yang rendah. Masalah ini sudah terjadi pada jaman romawi kuno. 

Sejarah pendinginan dimulai dari bangsa romawi kuno, biasanya mereka mengatasinya dengan menggantung kain basah pada pintu rumah mereka untuk mengurangi suhu panas didalam ruangan dan ada juga yang menggunakan air yang dialirkan melalui pipa-pipa yang terhubung antar rumah untuk mengurangi suhu panas ruangan

Kemudian, para peneliti mulai bekerja untuk menciptakan alat pendingin untuk penyejuk udara. Terciptalah alat penyejuk udara (AC), yang hingga saat ini masih dipakai oleh umat manusia. Dengan semakin meningkatnya pemansan global, kini rasanya manusia tidak bisa hidup tanpa AC

Pada tahun 1784, seorang ilmuwan Skolandia bernama William Cullen dari Glasgow University, untuk pertama kali mencoba merancang sebuah alat pendingin yang merupakan seorang ahli kimia, fisika dan bidang kedokteran. Ia menyadari bahwa bahan makanan yang didinginkan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, dan penelitian ini terus berlanjut.

Pada 2 Januari 1906, hak paten untuk penemuan alat penyejuk udara atau air conditioning (AC) diberikan pada Willis Haviland Carrier. Seorang Insinyur asal Amerika Serikat yang telah menemukan mesin tersebut.

Pada empat tahun sebelumnya, pada 1902, Carrier baru lulus dari Cornell University. Ia bekerja disalah-satu perusahaan pemanas ruangan Buffalo Forge. Pada suatu hari dimana ia diberi tugas untuk menemukan solusi bagi perusahaan percetakan di Brooklyn ditempat ia bekerja yang sedang menghadapi permasalan di percetakan pada kala itu. Ia diminta membuat alat pengontrol udara untuk mengatur kelembaban.

Caranya yaitu, udara dipaksa melewati filter kompresor yang digerakkan oleh piston, dipompa di atas koil yang didinginkan menggunakan pendingin. Udara dingin tersebut kemudian dikeluarkan ke ruangan tertutup menggunakan kipas angin untuk membikin ruangan sejuk dan menstabilkan kelembaban.

Pendingin udara tersebut dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi percetakan di Brooklyn. Persoalan kelembaban hilang. Kabar keberhasilan itu kemudian telah tersebar dari mulut ke mulut. Perusahaan lain ramai-ramai memesan alat serupa. Keberhasilannya yang pertama tak membuat Carrier puas, ia pun terus mengembangkan alat pendingin temuannya.

Pada tahun 1915, ia telah memutuskan untuk mendirikan perusahaan milik ia sendiri yang bernama Carrier Engineering Corp. Perusahaan itu menyuplai sistem pendingin ke hotel-hotel, toko serba ada, bioskop atau teater, dan pada akhirnya ke rumah warga. Kongres AS, Gedung Putih, dan Madison Square Garden di New York adalah pelanggan pertamanya.

Awalnya, mesin penyejuk udara berharga selangit, antara US$ 10.000 and US$ 50.000. Pada saat itu kebanyakan di gedung-gedung dan hotel mewah saja yang sudah memiliki AC pada tahun 1930-an dan masyarakat kaya.

Permintaan untuk pengadaan AC secara global juga terus meningkat seiring berjalannya waktu. Menurut studi Proceedings of the National Academy of Sciences pada 2015 menyebut, lebih dari 3 miliar pengguna yang tinggal di daerah tropis dan non-tropis telah menikmati hembusan hawa dingin AC dan jumlah pemakaian AC ini terus mengingkat hingga saat ini. Kesadaran pentingnya mesin pendingin dalam kehidupan sehari-hari nyatanya memang dirasakan banyak orang

Seiring dengan perkembangan waktu mesin pendingin mengalami perkembangan seperti fitur, fungsi dan bentuk dari mesin pendingin saat ini semakin banyak seperti, Chest Freezer, Display Cooler dan Showcase Cooler merupakan hasil pengembangan mesin pendingin. Kapasitas yang ditawarkan juga semakin beragam. Bukan hanya untuk mendinginkan, tapi juga membekukan dan dapat menunjang kebutuhan sehari-hari, kegiatan bisnis dan usaha, bahkan berguna di dunia medis dan kedokteran. Anda bisa menemukan beragam mesin pendingin hampir disetiap tempat.

Share:

0 Komentar