Pengetahuan

Bagaimana Cara Mengecek Kondisi Transistor Rusak?

Mengetahui apakah transistor NPN atau PNP dalam kondisi baik atau rusak bisa dilakukan dengan cukup mudah. Dengan menggunakan multimeter digital, Anda bisa mengecek keadaan komponen transistor tersebut. Penting untuk memahami cara mengecek kondisi tr

Transistor adalah komponen elektronik semikonduktor yang digunakan untuk memperkuat atau mengalihkan sinyal elektronik. Terdiri dari tiga lapisan material semikonduktor yang disebut emitor, basis, dan kolektor.

Transistor merupakan dasar dari banyak perangkat elektronik modern dan memainkan peran penting dalam rangkaian elektronik, termasuk komputer, ponsel, dan banyak perangkat lainnya. Ada dua jenis utama transistor: NPN dan PNP, yang masing-masing memiliki karakteristik dan aplikasi yang berbeda.

Cara mengecek transistor rusak

Mengetahui apakah sebuah transistor masih berfungsi atau tidak sangatlah sederhana. Transistor adalah komponen semikonduktor elektronik yang memiliki tiga terminal atau kaki: Basis (B), Emitor (E), dan Kolektor (C). Setiap terminal pada transistor memiliki prinsip kerja yang mirip dengan dioda yaitu mengalirkan arus listrik dalam satu arah dari bahan tipe P(+) ke bahan tipe N(-).

Untuk memeriksa apakah transistor dalam kondisi baik, Anda perlu memahami jenis alat elektronik ini terlebih dahulu. Transistor dibagi menjadi dua jenis: PNP dan NPN. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua jenis transistor tersebut.

Cara membedakan transistor PNP dan NPN

Transistor NPN

Untuk memeriksa transistor NPN, atur selektor multimeter ke arah Ohm meter atau pengujian dioda dengan posisi probe terbalik. Tempelkan ujung probe merah multimeter ke kaki basis transistor.

Kemudian, tempelkan probe hitam ke kaki emitor. Jika jarum multimeter bergerak, maka transistor tersebut adalah tipe NPN. Jika jarum tidak bergerak, maka transistor bukan tipe NPN.

Selanjutnya, balik posisi probe hitam dan tempelkan ke kaki basis transistor. Tempelkan probe merah ke kaki kolektor atau emitor. Jika jarum multimeter bergerak, maka transistor tersebut adalah tipe NPN.

Transistor PNP

Untuk memeriksa transistor PNP, langkah-langkahnya mirip dengan pemeriksaan transistor NPN. Atur selektor multimeter ke arah Ohm meter.

Tempelkan probe merah ke kaki kolektor atau emitor. Jarum multimeter seharusnya bergerak. Jika Anda menempelkan probe merah ke basis transistor dan probe hitam ke kaki emitor atau kolektor dan jarum tidak bergerak, maka transistor tersebut adalah tipe PNP.

Cek kondisi transistor NPN bagus

  • Siapkan multimeter digital
  • Posisikan selektor switch multimeter pada posisi simbol Dioda
  • Pasang kabel probe berwarna merah pada kaki basis transistor sedangkan probe berwarna hitam pada kaki kolektor dan emitor secara bergantian
  • Lihat apakah ada perubahan angka pada layar multimeter. Transistor NPN dikatakan baik jika ada perubahan angka
  • Sekarang probe multimeter berwarna hitam letakan di kaki basis dan probe berwarna merah di kaki kolektor dan emitor secara bergantian. Jika tidak ada perubahan angka pada multimeter berarti transistor NPN dalam keadaan bagus.

Cek kondisi transistor NPN rusak

  • Siapkan alat ukur multimeter digital
  • Posisikan selektor switch multimeter pada posisi simbol Dioda
  • Pasang kabel probe berwarna merah pada kaki basis transistor sedangkan probe berwarna hitam pada kaki kolektor dan emitor secara bergantian
  • Lihat apakah ada perubahan angka pada layar multimeter. Transistor NPN dikatakan rusak jika tidak ada perubahan angka pada layar multimeter digital.

Cek kondisi transistor PNP bagus

  • Siapkan multimeter digital.
  • Atur selektor switch multimeter pada posisi simbol dioda.
  • Tempelkan kabel probe hitam ke kaki basis transistor dan probe merah ke kaki kolektor dan emitor secara bergantian.
  • Amati layar multimeter. Transistor PNP dianggap baik jika ada perubahan angka.
  • Letakkan probe merah di kaki basis dan probe hitam di kaki kolektor dan emitor secara bergantian. Jika tidak ada perubahan angka pada multimeter, transistor PNP tersebut dalam kondisi baik.

Cek kondisi transistor PNP rusak

  • Siapkan multimeter digital.
  • Atur selektor switch multimeter pada posisi simbol dioda.
  • Tempelkan kabel probe hitam ke kaki basis transistor dan probe merah ke kaki kolektor dan emitor secara bergantian.
  • Perhatikan layar multimeter. Jika tidak ada perubahan angka, transistor PNP tersebut dianggap rusak.

Demikianlah panduan singkat mengenai cara mengecek kondisi transistor menggunakan multimeter digital. Dengan pemahaman yang tepat tentang langkah-langkah pengujian ini, Anda dapat memastikan bahwa transistor dalam rangkaian elektronik Anda berfungsi dengan baik atau perlu diganti.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam merancang dan memperbaiki rangkaian elektronik. Terima kasih telah membaca, dan semoga sukses dalam setiap proyek elektronik Anda.

Share:

0 Komentar