Opini

5 Cara Mudah Memaksimalkan Nilai IPK!

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan sebuah nilai rata-rata seluruh mata kuliah yang ditempuh oleh Mahasiswa dari semester awal sampai dengan semester akhir. Maka untuk mendapatkan IPK yang tinggi ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Afifah Julianda putri15 Agustus 2023

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan IPK tinggi? Seluruh Mahasiswa di muka bumi ini pasti menginginkan hal yang sama. Namun, apa yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut?

Untuk kamu yang mau tau jawabannya, mari simak penjelasan ini baik-baik ya sobat mahasiswa!

Perhatikan kriteria penilaian

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan IPK tinggi? Seluruh Mahasiswa di muka bumi ini pasti menginginkan hal yang sama. Namun, apa yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut?

Untuk kamu yang mau tau jawabannya, mari simak penjelasan ini baik-baik ya sobat mahasiswa!

Perhatikan karakter dosen

Tips yang kedua yaitu memahami karakter atau tipe dosen kamu, setiap mata kuliah diajarkan oleh dosen yang berbeda dan mereka pastinya memiliki karakter tersendiri. Untuk itu kamu harus bisa memahami tipe setiap dosennya agar nilai kamu pun aman, kamu harus tahu mahasiswa seperti apa yang menarik di mata dosen tersebut dan bagaimana cara beliau memberikan nilai pada setiap mata kuliah yang diajarkan. Jika kamu masih belum paham kamu juga bisa loh tanya-tanya ke kating yang bisa kamu percayai.

Aktif mengikuti perkuliahan

Rajin masuk kelas juga merupakan salah satu cara yang paling mudah namun sering diabaikan. Dengan selalu mengikuti kelas maka dosen pun akan menghargai usaha yang kamu lakukan, terlebih lagi jika kamu aktif bertanya ataupun menjawab pertanyaan dosen selama jam pembelajaran berlangsung. Dijamin dengan begitu dosen akan mengenali kamu dan nilai kamu pun akan aman.

Belajar bersama teman ambis

Tips berikutnya yaitu kamu bisa belajar bersama dengan sekelompok teman yang kamu rasa dapat membantu kamu memahami pembelajaran di setiap mata kuliahnya. Dengan bergaul bersama orang-orang ambis maka lambat laun kebiasaan mereka pun jadi menular kepada kamu, dari yang pemalas kamu akan bisa menjadi sosok yang rajin dan juga bertanggung jawab akan tugas yang kamu miliki.

Mengerjakan tugas dengan maksimal

Jangan pernah menyepelehkan tugas yang diberikan oleh dosen kamu! Jika kamu ingin memiliki kesan baik di mata para dosen kamu harus selalu mengerjakan tugas dan mengumpulkannya jauh dari waktu Deadline, dengan begitu kamu sendiri tidak akan kewalahan jika masih ada tugas yang harus dikerjakan. Bukan hanya sekedar mengerjakan tugas saja tapi usahakan tugas yang kamu kerjakan itu benar dan sesuai dengan apa yang dosen kamu perintahkan.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah penjelasan diatas dapat membantu kamu? Jika iya jangan lupa untuk beri like ya, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar