Pengetahuan

6 Kewajiban Bagi Mahasiswa Selama Mengenyam Bangku Kuliah

Berikut ini merupakan hal yang wajib diikuti oleh mahasiswa minimal satu kali selama berkuliah!

Afifah Julianda putri31 Agustus 2023

Sebagai seorang mahasiswa kamu memiliki banyak peluang untuk mengikuti suatu kegiatan loh sobat. Jadi, manfaatkan hal tersebut dengan baik untuk menambah pengalaman dan pengetahuan kamu, agar lebih jelas mari simak penjelasan dibawah ini baik-baik ya sobat!

Ikut Kompetisi

Hal pertama yang wajib kamu lakukan minimal satu kali adalah mengikuti suatu perlombaan. Di dalam kampus maupun di luar kampus banyak sekali macam perlombaan membuat poster, menulis essay, membuat video menarik dan sebagainya.

Dengan begitu kamu bisa memahami dan berusaha untuk membuat suatu karya yang bagus. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk menerima kekalahan. Dan jika kamu menang keuntungan, kamu dapat untuk lebih banyak. Jadi jangan pernah berhenti untuk mencoba ya sobat!

Ikut Magang

Dengan mengikuti magang kamu akan mempelajari banyak hal. Kamu dapat belajar tentang kerja kerasmu akan terbayarkan oleh institusi tersebut.

Jaringan pertemanan kamu juga akan lebih luas, dan pastinya itu sangat bermanfaat ketika kamu lulus nanti. Dengan mengikuti magang kamu juga sudah mengerti dan dapat beradaptasi dengan dunia perkantoran, jadi kamu tidak akan terkejut jika bekerja sungguhan nantinya.

Ikut Kepanitiaan Kampus

Suatu kampus pasti memiliki banyak agenda acara dan pastinya membentuk suatu kepanitiaan. Dan kamu sangat diperbolehkan untuk mendaftar sebagai panitia. Saat kamu ikut kepanitiaan kampus kamu akan belajar berdiskusi dan belajar bertanggung jawab atas tugasmu dari awal hingga akhir masa kepanitiaan tersebut. Dengan begitu soft skill yang kamu miliki akan ter upgrade dan pastinya kamu juga akan dikenal sebagai mahasiswa produktif.

Ikut Organisasi Kampus

Dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus, kamu akan belajar banyak kegiatan kelompok demi terwujudnya cita-cita bersama, belajar berdiskusi dengan baik, belajar beropini dan mengeluarkan pendapat, dan masih banyak hal lainnya.

Namun perlu diingat ya sobat jangan sampai kamu hanya berfokus pada organisasi saja dan akhirnya akademik kamu terabaikan. Cobalah untuk menyeimbangkan dua hal tersebut.

Ikut Membantu Proyek Dosen

Untuk membantu proyek yang akan dikerjakan oleh dosen kamu pastikan bahwa diri kamu sudah siap karena waktu yang akan dihabiskan juga tidak sedikit. Dan pastinya jika kamu sudah dapat bergabung dengan proyek dosen itu artinya kamu sudah memenuhi kriteria dosen dan dapat dipastikan nilai kamu akan aman loh sobat, jadi usahakan unuk mengerjakan proyek tersebut dengan sebaik-baiknya agar dosen kamu puas dengan kinerja kamu.

Aktif Dalam Kelas

Hal terakhir yang tidak kalah penting, yaitu kamu wajib untuk aktif di dalam kelas. Ketika sedang ada diskusi jangan ragu untuk mengeluarkan pendapat ataupun bertanya tentang hal yang dibahas tersebut, dan untuk menjadi mahasiswa yang aktif pastinya kamu harus selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen kamu tepat waktu.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah kamu sudah melakukan salah satu kegiatan yang ada diatas? Jika artikel ini membantu jangan lupa berikan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar