Opini

7 Sifat Mahasiswa Yang Maba Harus Tahu!

Berikut ini merupakan sifat-sifat mahasiswa yang harus kamu miliki!

Afifah Julianda putri24 Agustus 2023

Berbeda dengan sewaktu sekolah dulu, sebagai mahasiswa kamu harus memiliki sifat-sifat ini untuk menunjang kehidupan kamu selama masa perkuliahan. 

Berpikir Kritis

Menjadi seorang mahasiswa mewajibkan kamu untuk mampu berpikir kritis, kamu harus memiliki kemampuan menganalisis yang kuat untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada, baik di dalam kelas maupun di kehidupan pribadi kamu. Dengan berpikir kritis kamu bisa menganalisa penyebab permasalahan dan mencari solusi yang paling tepat untuk menyelesaikannya.

Jiwa Mandiri

Di usia yang sudah tergolong dewasa ini kamu harus mempunyai jiwa mandiri pada diri kamu sendiri, dan sebagai seorang mahasiswa pun kamu akan dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri. Berbeda dengan semasa sekolah dimana guru akan menerangkan pelajaran sampai kamu mengerti, di kuliah dosen hanya akan menjelaskan secara garis besar saja dan pemberian tugas pun juga cukup banyak. Oleh karena itu berusahalah untuk menjadi mandiri dengan cara mencari pembelajaran dari sumber yang lain atau cara singkatnya yaitu bertanya pada dosen kamu sendiri tentang hal yang belum kamu pahami.

Penuh Kreativitas

Sebagai mahasiswa kamu akan dihadapkan oleh situasi yang beragam, dan salah satu cara untuk mengatasinya yaitu menjadi seseorang yang kreatif. Dengan begitu kamu akan mampu mengembangkan ide atau cara-cara baru untuk memecahkan permasalahan dan menjadikannya sebagai peluang. Contohnya yaitu kamu bisa memanfaatkan waktu luang kamu selama berkuliah untuk mencari kerja sampingan agar uang saku kamu pun juga dapat bertambah.

Penuh Percaya Diri

Berikut ini merupakan sifat penting yang wajib kamu miliki sebagai seorang mahasiswa. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi kamu akan dapat lebih muda untuk menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang yang ada disekitar kamu.

Dengan begitu kamu tidak akan melewatkan banyak peluang yang menghampiri kamu, contohnya kamu bisa saja diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua kelas ataupun ketua organisasi karena sifat percaya diri kamu tersebut.

Pandai Dalam Berkomunikasi

Bukan hanya asal ngomong ya sobat, jago berkomunikasi disini artinya kamu dapat menyampaikan pendapat dan berargumentasi dengan materi yang berbobot baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Mudah Beradaptasi

Untuk menjadi seorang mahasiswa baru penting bagi kamu untuk memiliki sifat satu ini, karena saat masuk kuliah nanti kamu dituntut untuk bertemu dengan orang-orang yang lebih beragam dan lingkungan baru yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Memiliki sifat mudah beradaptasi juga akan memudahkan kamu untuk bertahan dengan kehidupan kampus yang sangat dinamis.

Bertanggung Jawab

Memiliki sifat tanggung jawab memang harus dimiliki oleh setiap individu di dunia ini, baik terhadap dirinya maupun sekitarnya. Jika kamu memiliki sifat bertanggung jawab semasa kuliah maka kesempatan orang-orang untuk mempercayai kamu akan lebih tinggi, bisa saja baru masuk beberapa hari berkuliah kamu langsung ditunjuk untuk menjadi ketua kelas oleh dosen kamu karena kamu mampu bertanggung jawab dengan segala hal yang sudah diamanahkan olehnya.

Bagaimana sobat mahasiswa? Sifat apa sajakah yang sudah kamu miliki dan yang belum kamu miliki? Jika artikel ini membantu jangan lupa berikan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar