Fun Fact

8 Istilah Perkuliahan yang Wajib Maba Ketahui!

Untuk kamu para calon mahasiswa baru kamu wajib mengetahui istilah-istilah yang dipakai di dunia perkuliahan.

Afifah Julianda putri14 Agustus 2023

Setelah kamu berhasil mendapatkan jurusan serta kampus yang kamu inginkan pastikan bahwa kamu siap untuk memasuki babak baru di dunia pendidikan ini. Bukan hanya lingkungan baru, teman baru, sistem belajar baru, tetapi istilah-istilah baru pun akan kamu dengar selama di perkuliahan nantinya. Oleh karena itu, lebih baik kamu mengetahuinya dari sekarang agar kamu bisa paham dan tidak bingung jika ada yang menyebut kata tersebut.

Agar lebih jelas mari simak penjelasan berikut ini!

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa (PKKMB)

Istilah yang pertama yaitu PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa. Kata PKKMB ini merupakan istilah lain dari masa pengenalan kampus yang dulu kerap kita sebut dengan OSPEK.

PKKMB merupakan kegiatan yang dilakukan pada awal penerimaan Mahasiswa baru sebelum dimulainya perkuliahan, kegiatan ini bertujuan untuk para Mahasiswa agar dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus tersebut.

Setiap perguruan tinggi pastinya memiliki aturan serta bentuk PKKMB yang berbeda-beda, jadi pastikan bahwa kamu mengikuti serangkaian kegiatan pada masa PKKMB di kampus kamu.

Satuan Kredit Semester (SKS)

Bagi kamu para mahasiswa baru sangat perlu untuk mengetahui istilah SKS ini karena nantinya SKS akan menjadi penentu waktu dan beban studi yang harus kamu ambil. Setiap perguruan tinggi mempunyai standar jumlah SKS yang harus dipenuhi.

Jenjang S1 memiliki 144 SKS  agar dapat lulus, dengan maksimal 24 SKS setiap semesternya.

Beberapa kampus menerapkan SKS dalam bentuk paket. Dan ada pula yang menerapkan sistem war, dimana kita harus membuat jadwal sendiri dan berusaha mendapatkan mata kuliah yang diinginkan.

Indeks Prestasi (IP) / Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Indeks Prestasi (IP) merupakan sistem penilaian semua mata kuliah per semester. Besaran IP adalah total nilai satu semester dibagi dengan jumlah SKS. Sedangkan IPK merupakan angka prestasi atau keberhasilan studi dari semester awal hingga semester akhir.

IPK menunjukkan tingkat keberhasilan mahasiswa selama menempuh bangku kuliah dengan skor tertinggi yaitu 4,00. Skor IPK ini akan ditampilkan pada transkrip yang dapat kamu gunakan untuk melamar pekerjaan, jadi usahakan untuk mendapatkan IPK yang maksimal ya sobat mahasiswa.

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Jika di sekolah kamu memiliki kartu pelajar maka di kuliah kamu juga akan mendapatkan kartu sejenis yang disebut Kartu tanda mahasiswa. Kartu ini berfungsi untuk mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan akademik.

Kartu Rencana Studi (KRS)

KRS atau kartu rencana studi merupakan daftar mata kuliah yang ingin kamu ambil setiap semesternya. Kartu ini berisikan informasi tentang nomor, kode mata kuliah, nama mata kuliah, bobot SKS-nya, serta ruang dan jan perkuliahan.

Kartu Hasil Studi (KHS)

Jika disekolah kamu hanya mengenal nilai rapot maka saat di kuliah kamu akan sering mendengar istilah yang satu ini, dengan fungsi yang sama KHS juga berisikan hasil studi yang kamu peroleh selama perkuliahan dan biasanya dapat kamu terima di akhir semester.

Skripsi

Istilah yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kamu. Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib dibuat sebagai persyaratan akhir pada pendidikan akademisnya.

Umumnya para mahasiswa menyiapkan skripsi sejak semester 7 atau 8 dan pembuatannya pun tidak boleh sembarangan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ketentuan yang sudah di tetapkan pada kampus kamu.

Cumlaude

Cumlaude merupakan gelar kerhomatan yang diberikan secara khusus kepada wisudawan yang dapat lulus di program sarjana dengan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5 hingga 4,00 sesuai dengan kebijakan kampus masing-masing.

Keuntungan nilai cumlaude adalah dipercaya telah menguasai kompetensi dari program studi. Sehingga, mahasiswa dengan predikat cumlaude akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana sobat mahasiswa? Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu!

Share:

0 Komentar