Fun Fact

Fakta Perguruan Tinggi yang Bikin Culture Shock Saat Jadi Maba!

Ini dia culture shock yang akan kamu rasakan saat menginjakkan kaki ke dunia perkuliahan!

Afifah Julianda putri22 Agustus 2023

Untuk kamu para mahasiswa baru pastinya ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya yaitu mempersiapkan diri untuk menghadapi culture shock di lingkungan baru yang akan kamu temui. Berikut ini merupakan contoh-contoh umum yang biasanya mahasiswa baru hadapi di dunia perkuliahan, simak penjelasannya baik-baik ya sobat mahasiswa!

Banyak Orang Pintar

Cukup berbeda dengan waktu kamu sekolah, di kuliah kamu akan menemukan banyak sekali orang pintar yang pandai berdiskusi dan juga jago public speaking.

Jika sewaktu SMA masih banyak teman-teman kamu yang pemalu untuk berbicara di depan kelas, maka jangan terkejut saat di kuliah justru mereka berebut untuk menyampaikan pendapat masing-masing.

Kamu juga harus bisa seperti itu ya sobat mahasiswa, jangan ragu ataupun malu untuk mengutarakan pendapat kamu mengenai materi yang sedang dibahas di kelas.

Ada Kuliah Pengganti

Ada kalanya kamu akan menghadapi kasus yang satu ini, saat dosen berhalangan hadir pada jadwal yang sudah ditetapkan maka jadwal tersebut akan diganti pada hari lain. Sangat berbeda bukan dengan sewaktu kamu masih bersekolah, jika guru berhalangan hadir maka jam tersebut akan kosong dan di saat itu pula kamu bisa tidur, main game, bolos ke kantin, dan hal seru lainnya.

Dan jangan terkejut jika jadwal kuliah pengganti ini bentrok dengan jadwal mata kuliah kamu yang lain, jika itu terjadi kamu harus pandai-pandai mengatur waktu dan memilih salah satu yang menurut kamu lebih penting.

Akan Banyak Tugas Kelompok

Di dunia perkuliahan kamu akan sering sekali menemukan tugas kelompok daripada tugas individu, oleh karena itu penting untuk kamu berbaur dengan semua mahasiswa yang ada di kelas kamu. Dengan begitu saat kalian dinyatakan dalam satu kelompok maka tidak perlu repot-repot untuk berkenalan terlebih dahulu dan bisa langsung masuk ke materi yang akan dibahas, jika sudah saling kenal maka suasana yang ditimbulkan pun juga lebih menyenangkan.

Tembok Kampus Berbicara

Mungkin kalian sedikit familiar dengan istilah satu ini, dan hal tersebut benar adanya. Jangan pernah sekalipun kamu bergosip dengan teman, kating, dosen atau hal lainnya di kampus maupun di luar kampus.

Kamu harus dapat memilih teman yang sangat bisa kamu percaya untuk menceritakan keseharian ataupun keresahan kamu selama berkuliah karena jika kamu salah memilih teman maka cerita kamu pun akan tersebar dan kamu akan di cap jelek oleh warga kampus. Jadi hati-hati dalam berbicara ya sobat mahasiswa!

Presentasi Setiap Pertemuan

Berbeda dengan sewaktu SMA yang presentasi hanya seminggu sekali, di kuliah kamu diwajibkan untuk melakukan presentasi hampir disetiap pertemuan. Oleh karena itu selalu persiapkan diri dan juga pahami dengan baik materi yang akan kamu bahas agar nilai kamu pun akan aman dan pastinya sempurna.

Banyak Yang Suka Titip Absen

Kamu pastinya sering mendengar istilah Tipsen atau Titip Absen dan hal ini juga akan sering kamu temui selama berkuliah nantinya. Usahakan kamu tidak termasuk mahasiswa yang suka Tipsen ya sobat karena jika dosen kamu menyadarinya permasalahannya pun akan menjadi rumit.

Ujian Essai

Jika sewaktu ujian di sekolah lebih banyak pilihan ganda daripada essai, maka saat berkuliah kamu harus menyiapkan diri untuk menjawab soal essai yang lebih banyak daripada pilihan ganda. Siapkan selalu alat tulis kamu agar jika ada ujian atau kuis mendadak kamu akan selalu dalam keadaan siap.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah kamu sudah mengalami culture shock diatas?
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait