Pengetahuan

Ini Dia 6 Cara Membangun Personal Branding!

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah pernah dengar istilah Personal Branding, namun apa sih sebenarnya Personal Branding itu? Dan bagaimana cara membangunnya?

Afifah Julianda putri13 Agustus 2023

Personal Branding adalah strategi untuk membentuk citra diri agar dapat dilihat orang lain. Bisa dibilang ini merupakan kesempatan kamu menampilkan keunikan serta ciri khas yang ada di diri kamu.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun sebuah Personal Branding, simak baik-baik ya!

Kenali diri kamu

Sebelum kamu ingin di kenali oleh orang lain pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengenali diri kamu sendiri dengan baik. Kamu harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan pada diri kamu, hal yang kamu sukai, apa saja keahlian kamu dan tentunya semua hal tentang diri kamu.

Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menilai cobalah bertanya dengan orang terdekat kamu, dan ketika kamu sudah mengetahui dan menyadarinya kamu akan jauh lebih muda untuk menerapkan strategi membangun citra ini.

Mengasah Keterampilan

Mengasah keterampilan adalah tahap yang paling penting untuk membangun sebuah personal branding, tapi sebelum itu kamu harus memastikan bidang apa yang kamu sukai dan yang ingin kamu geluti.

Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan potensi dalam diri kamu dengan melakukan berbagai aktivitas positif yang mendukung, seperti mengikuti pelatihan formal maupun online courses yang banyak tersedia.

Menentukan target audiens

Sebelum kamu mulai membangun personal branding, kamu perlu untuk menentukan target auidiens-nya. Apakah kamu ingin dilihat oleh perusahaan atau apakah kamu ingin dilihat oleh para mahasiswa yang membutuhkan tips-tips berharga untuk di dunia kerja?

Dengan begitu kamu akan lebih mudah pendekatan seperti apa yang dapat kamu gunakan dalam pembuatan konten-konten dan tentunya menetukan platform yang akan digunakan.

Konsisten

Jika kamu ingin mencoba memulai sesuatu maka kamu harus bisa konsisten untuk melakukan hal tersebut. Dalam personal branding ini selain kamu tetap aktif membuat konten di platform yang kamu pilih kamu juga harus konsisten soal pemilihan topik yang diangkat, contohnya jika dari awal kamu membuat konten tips-tips seputar perkuliahan maka sebisa mungkin topik yang kamu pilih tidak jauh berbeda dari hal tersebut.

Memperluas Networking

Cara berikutnya yaitu networking, lewat lingkup pertemanan yang luas kamu pastinya akan mendapatkan kesempatan lebih untuk berkembang. Selain itu melalui networking, kamu bisa mendapat lebih banyak teman atau rekan untuk berdiskusi atau bekerja. Dengan begitu kamu akan memperoleh lebih banyak wawasan dari berbagai sudut pandang yang berbeda-beda pula.

Memilih Platform yang tepat

Di zaman yang sudah serba canggih ini tentunya tidak sulit untuk kamu membangun sebuah personal branding. Banyak sekali sosial media yang dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu, seperti Linkedin, Instagram, Twitter, Medium, dan banyak lainnya. Kamu harus memilih platform sesuai dengan audiens yang ditentukan. Jangan lupa untuk memaksimalkan platform tersebut agar personal branding kamu terwujud.

Bagaimana apakah kamu siap mempraktekan langkah-langkah diatas? Like for more tips ya sobat mahasiswa! Terima kasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar