Pengetahuan

Jauhi 5 Hal ini Ketika Kamu Resmi Menjadi Maba!

Sebagai seorang mahasiswa baru kamu harus bisa menghindari hal-hal dibawah ini agar kuliah kamu aman dan lancar.

Afifah Julianda putri19 Agustus 2023

Halo sobat mahasiswa! Untuk kamu para calon mahasiswa baru yang masih bingung dan gak pede untuk berkuliah nanti, simak penjelasan dibawah ini baik-baik agar kamu tahu apa saja hal yang harus kamu hindari dan tidak boleh kamu lakukan selama memasuki dunia perkuliahan nantinya.

Menyepelehkan masa PKKMB

Hal pertama yang tidak boleh kamu lakukan yaitu menyepelehkan masa pengenalan kehidupan kampus yang disediakan oleh perguruan tinggi kamu. Saat PKKMB akan banyak informasi yang akan kamu dapatkan, mulai dari pengenalan rektor dan dosen, fasilitas, organisasi, dan juga sistem pembelajaran kamu nantinya.

Jangan sampai kamu tidak mengikuti kegiatan ini ataupun tidak mencatat hal-hal penting yang pastinya akan kamu butuhkan kedepannya. Usahakan tetap fokus dan mengerjakan semua tugas yang diberikan saat kegiatan tersebut.

Malas Bergaul

Jangan terkejut jika saat hari pertama berkuliah saja sudah ada kelompok pertemanan di kelas kamu. Selama berkuliah tentunya kamu tidak bisa selamanya mengerjakan segala sesuatu sendirian karena banyak pula tugas-tugas yang mengharuskan kamu untuk berkelompok, saat hal itu terjadi berusahalah untuk berkenalan dengan teman sekelompok kamu.

Selain untuk tugas berteman baik dengan mahasiswa lainnya dapat membantu kamu untuk mendapatkan informasi lebih banyak, entah itu mengenai pembelajaran, organisasi, atau bahkan lowongan pekerjaan. Oleh karena itu sebisa mungkin kamu harus menghindari kebiasaan malas bergaul ini.

Tidak Mempersiapkan Peralatan Kuliah

Sebelum masuk dunia perkuliahan pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik tanpa ada yang terlewat, salah satunya yaitu peralatan kuliah. Untuk menunjang kegiatan kamu selama berkuliah pastinya kamu membutuhkan yang namanya peralatan kuliah, seperti Binder, Laptop/Tablet, Alat Tulis, dan peralatan lain yang sesuai dengan kebutuhan jurusan yang kamu ambil.

Jangan sampai kamu justru hanya mengandalkan peralatan punya teman dan selalu meminjam kepadanya.

Menjadi Mahasiswa Kupu-kupu

Jangan pernah sekalipun kamu berfikir untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang. Ikutilah salah satu organisasi yang ada di kampus kamu dan pastinya pilihlah yang memang sesuai dengan bidang dan keahlian kamu, jika kamu memang tidak ingin mengikuti kegiatan yang ada di kampus kamu bisa juga mengikuti organisasi luar ataupun volunteer untuk memberikan pengalaman pada diri kamu sendiri.

Selagi masih berada di semester awal gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal-hal yang positif dan pastinya bermanfaat karena mata kuliah yang ada masih terlampau sedikit.

Tidak membangun koneksi dengan para dosen

Membangun koneksi bukan berarti kamu harus selalu caper ke dosen ya sobat! Kamu hanya perlu aktif saat di kelas dan kamu harus bisa menunjukkan potensi yang kamu miliki melalui karya ataupun tugas kelas yang dosen kamu berikan.

Dengan begitu dosen akan melirik kamu dan akan ada kesempatan kamu untuk melakukan ataupun mengerjakan proyek bersama. Selain itu dengan berhubungan baik dengan dosen koneksi yang kamu miliki pun akan lebih luas dan akan memudahkan kamu untuk mencari pekerjaan nantinya.

Bagaimana sobat mahasiswa? 

Share:

0 Komentar