Pengetahuan

Panduan Etika Berkomunikasi dengan Dosen Via Chat!

Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum menghubungi dosen kamu!

Afifah Julianda putri22 Agustus 2023

Ada kalanya kamu sebagai seorang mahasiswa akan menghubungi dosen kamu melalui pesan, entah itu mengenai tugas ataupun keperluan yang lain.

Terutama bagi kamu yang merupakan ketua kelas maupun penanggung jawab mata kuliah kamu wajib mengetahui etika dasar berkomunikasi dengan dosen kamu melalui via chat, agar lebih jelas mari simak penjelasan dibawah ini baik-baik ya sobat mahasiswa!

Pilihlah waktu yang tepat

Sebelum kamu menghubungi dosen kamu pastikan waktu yang kamu pilih sudah tepat, kamu harus tahu terlebih dahulu waktu senggang dosen kamu tersebut. Jika memang kamu tidak mengetahui jadwal mengajarnya maka pilihlah waktu paling aman, tidak terlalu pagi dan tidak terlalu malam. Dan usahakan kamu tidak menghubungi dosen saat hari libur ya sobat mahasiswa karena selain kamu para dosen juga butuh waktu untuk istirahat dari segala urusan pekerjaan.

Salam pembuka dan permintaan maaf

Awali pesan kamu dengan salam pembuka yang tepat, sesuaikan dengan keyakinan dosen kamu ataupun sesuaikan dengan waktu kamu mengirim pesan. Setelah itu ucapkan permohonan maaf karena telah mengganggu waktu dosen kamu dan meminta izin untuk menanyakan perihal yang ingin kamu bahas kepadanya.

Perkenalan diri

Sebelum masuk kedalam inti pesan jangan lupa untuk memperkenalkan diri kamu sendiri, mulai dari nama, nomor induk mahasiswa kamu, program studi, angkatan dan mata kuliah yang diajarkan oleh dosen tersebut.

Sampaikan keperluan kamu

Setelah memberi salam dan memperkenalkan diri kamu bisa langsung masuk kedalam topik yang ingin kamu bahas atau tanyakan. Jangan lupa untuk menyampaikannya secara ringkas dan tidak bertele-tele agar dosen kamu dapat memahami maksud dan tujuan kamu dengan baik dan jelas.

Gunakan kalimat yang formal

Kamu perlu ingat bahwa seseorang yang akan kamu kirimi pesan merupakan pengajar kamu selama di kuliah, oleh karena itu kamu harus memilih bahasa yang sesuai, gunakanlah bahasa formal dan tentunya santun agar dosen kamu pun menghargai pesan yang kamu kirim. Usahakan tidak ada salah kata atau typo dan hindari menyingkat sebuah kata atau kalimat.

Jangan langsung menghubungi dosen via telepon

Jika memang ada pembahasan yang harus melalui via telepon kamu harus terlebih dahulu memastikan apakah dosen kamu bersedia atau tidak. Kirim pesan lah terlebih dahulu dengan ketentuan yang sudah dibahas sebelumnya, setelah itu baru lah tanyakan kepada dosen kamu tentang ketersediaannya menerima telepon. Dan gunakanlah intonasi yang tepat saat berbicara dengan dosen kamu, entah itu secara langsung maupun via telepon agar tidak terjadi suatu kesalahpahaman.

Penutup

Akhiri pesan kamu tersebut dengan ucapan terimakasih karena dosen kamu telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca pesan kamu dan pastinya jangan lupa untuk mengucapkan salam penutup.

Share:

0 Komentar