Pengetahuan

Persiapan Hal Ini Sebelum Kamu Mengikuti OSPEK!

Berikut ini hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai OSPEK!

Afifah Julianda putri24 Agustus 2023

OSPEK merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Tujuan OSPEK sendiri yaitu untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada para mahasiswa baru.

Mengikuti OSPEK wajib hukumnya bagi kamu calon mahasiswa baru, selain sebagai syarat kelulusan dengan mengikuti OSPEK kamu juga dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut. Dan disini aku mau kasih informasi beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengikuti OSPEK, simak penjelasannya baik-baik ya sobat mahasiswa!

Pendaftaran dan Administrasi

Hal yang harus dipersiapkan pertama kali yaitu pastikan kamu telah melengkapi semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran di perguruan tinggi kamu. Jika ada dokumen tambahan yang diminta oleh kampus kamu, pastikan kamu mempersiapkannya sebelum waktu pendaftaran berakhir.

Pengetahuan Tentang Universitas

Cari informasi mengenai kampus pilihan kamu, seperti struktur kampus, fasilitas yang tersedia, peraturan dan aturan, kegiatan kampus, serta daftar organisasi atau klub mahasiswa yang ada disana. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari website resmi kampus kamu atau kamu juga bisa kepoin instagram resminya ya sobat. Dengan memahami lingkungan kampus, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk beradaptasi.

Penginapan dan Akomodasi

Jika kampus kamu tidak menyediakan asrama untuk para mahasiswanya, pasikan kamu telah menyiapkan akomodasi sebelumnya. Cari tahu tentang lokasi tempat tinggal atau kost an yang sesuai dengan keinginan kamu, transportasi apa saja yang dapat kamu gunakan, dan caritahu tempat yang menjual kebutuhan sehari-hari disekitar kampus kamu.

Peralatan Belajar

Persiapkan peralatan belajar seperti laptop, buku catatan, pena, dan alat tulis lainnya untuk menunjang pembelajaran kamu selama berkuliah. Kamu juga bisa untuk mencari informasi buku-buku apa saja yang diperlukan untuk mata kuliah yang akan kamu ambil, informasi tersebut bisa kamu dapatkan dari kating kenalan kamu ya sobat.

Kesehatan dan Kondisi Fisik

Pastikan kamu dalam kondisi kesehatan yang baik sebelum mengikuti OSPEK karena jadwalnya yang panjang dan juga padat. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, pastikan kamu membawa obat-obatan atau alat yang mungkin kamu perlukan nanti dari rumah.

Komunikasi Dengan Senior

Jika memang memungkinkan, coba cari tahu dan hubungi mahasiswa senior yang ada di kampus kamu. Mereka dapat memberikan informasi berharga tentang OSPEK dan kehidupan kampus secara umum. Bertanya kepada mereka akan membantu kamu merasa lebih nyaman dan terkoneksi sejak awal. Tapi pastikan bahasa yang kamu gunakan untuk menghubungi kating kamu adalah bahasa yang sopan ya sobat mahasiswa.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah artikel ini dapat membantu kamu? Jika iya silahkan tinggalkan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait