Pengetahuan

Rahasia Hidup Hemat untuk Mahasiswa!

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya hidup kamu selama berkuliah!

Afifah Julianda putri28 Agustus 2023

Sebagai seorang mahasiswa sudah sepantasnya untuk kamu mengatur keuangan sendiri,, terlebih jika kamu adalah mahasiswa rantau. Untuk itu penting bagi kamu menghemat uang jajan tersebut agar tidak habis sebelum waktunya. Simak penjelasan dibawah ini agar lebih jelas ya sobat mahasiswa!

Prioritaskan Kebutuhan

Kamu harus bisa untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Selalu utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu, contohnya untuk makan sehari-hari dan kebutuhan perkuliahan kamu. Untuk keinginan bisa ditunda dulu sampai budget yang kamu miliki cukup dan berlebih.

Rencanakan Pengeluaran

Sebaiknya kamu para mahasiswa membuat rencana pengeluaran bulanan agar uang yang kamu habiskan jelas arahnya. Kamu bisa melakukannya dengan cara membuat list barang apa saja yang dibutuhkan dan berapa budget yang harus dikeluarkan dalam satu bulannya. Jika rencana kamu meleset dari target yang sudah kamu buat sebelumnya, kamu bisa mencari apa penyebabnya dan memperbaiki kesalahan tersebut pada rencana bulan berikutnya.

Gaya Hidup Sederhana

Tidak ada salahnya jika kamu ingin terlihat fashionable saat di kampus,  sebaiknya sesuaikan dengan isi kantong kamu sendiri. Jangan malu jika kamu bergaya sederhana karena tujuan kamu di kampus untuk belajar.

Gunakan Uang Tunai

Berikut ini merupakan tips penting yang tidak banyak disadari oleh orang banyak. Jika kamu membayar dengan debit atau nontunai kamu tidak akan merasa menghabiskan banyak uang. Berbeda jika kamu membayar melalui Cash atau tunai, kamu akan lebih merasakan kehilangan uang. Perasaan ini membuat kamu memilih untuk menghemat agar uang kamu tidak semakin menipis.

Manfaatkan Fasilitas Kampus

Tips berikutnya yaitu kamu harus bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia di kampus kamu. Contohnya yaitu ketika sedang berada di akhir bulan kamu bisa memanfaatkan Wi-Fi yang ada dikampus untuk mengerjakan tugas kuliah. Dan kamu juga bisa menggunakan perpustakaan untuk meminjam buku-buku yang dijadikan referensi oleh dosen kamu, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Jika tidak ada di perpustakaan kamu juga bisa loh meminjam kepada kakak tingkat yang sudah kamu kenal.

Cari Peluang

Sebagai seorang mahasiswa kamu memiliki banyak peluang untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan uang, contohnya yaitu magang, berkeja, dan juga freelance. Kamu harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik dan pastinya selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Dengan begitu, kamu mendapatkan tambahan finansial dan pengalaman yang berarti untuk kedepannya.

Bagaimana sobat mahasiswa? Sudahkah kamu menghemat bulan ini? Jika artikel ini membantu, jangan lupa berikan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar