Opini

Tipe-Tipe Mahasiswa Idaman Dosen!

Tidak hanya di kenal oleh teman sekelas tapi pastikan bahwa dosen mengenali kamu juga, berikut ini merupakan tipe-tipe mahasiswa yang disukai oleh para dosen!

Afifah Julianda putri22 Agustus 2023


Setiap mata kuliah memiliki dosen yang berbeda-beda, artinya kamu harus bisa mengenal setiap karakter dosen kamu agar kamu bisa mengetahui tipe mahasiswa seperti apa yang disukai dan diingat oleh mereka. Disini aku mau kasih informasi tipe-tipe mahasiswa yang menjadi idaman dosen secara umum, simak penjelasan berikut baik-baik ya sobat mahasiswa!

Mahasiswa Sopan & Santun

Tipe pertama yang menjadi awal dari segalanya yaitu mahasiswa yang memiliki sikap sopan & santun. Sangat percuma jika kamu pandai tapi kamu tidak memiliki etika kepada orang disekitar karena kamu akan langsung di cap jelek detik itu juga.

Maka dari itu kamu harus selalu menanamkan sikap sopan kepada siapapun, bertegur sapalah saat kamu bertemu dengan dosen saat di kampus ataupun di luar kampus dengan begitu perlahan-lahan dosen akan mengenal dan mengingat kamu. Tapi ingat kamu harus melakukan ini dengan ikhlas bukan hanya semata-mata ingin mendapat nilai bagus saja, karena bersikap ramah dan sopan kepada orang yang lebih tua merupakan suatu kewajiban.

Mahasiswa anti terlambat
 

Sangat tidak baik jika dosen mengenal kamu justru karena kamu sering terlambat, oleh karena itu usahakan selalu datang tepat waktu sebelum jam pelajaran dimulai. Para dosen akan sangat menghargai jika mahasiswa nya datang lebih cepat dan juga mengikuti kelasnya dengan baik.

Mahasiswa yang rajin mengerjakan tugas

Untuk kamu yang memiliki kebiasaan mengerjakan tugas SKS atau Sistem kebut semalam segera lah meninggalkan kebiasaan buruk ini. Kamu harus bisa membiasakan mengerjakan tugas jauh dari tanggal deadline, dengan begitu dosen pun akan tahu bahwa kamu merupakan mahasiswa yang rajin.

Mahasiswa Aktif

Tipe selanjutnya yang tidak kalah penting, yaitu mahasiswa yang aktif dikelas. Selama pelajaran berlangsung usahakan kamu menyimak penjelasan dosen dengan seksama, jangan takut atau segan untuk menanyakan materi yang belum kamu pahami dengan begitu dosen akan tahu bahwa kamu mendengar dan mencoba memahami penjelasannya dengan baik.

Dan jika dosen kamu membuka suatu diskusi jangan ragu untuk mengeluarkan pendapat kamu, para dosen akan senang jika mahasiswanya antusias dan mau untuk berfikir kritis. Cara menjadi mahasiswa aktif lainnya yaitu mengikuti organisasi yang ada di kampus kamu, dengan begitu relasi yang kamu raih juga lebih luas dan dosen akan mengenali kamu dari sana.

Mahasiswa Jujur

Tinggalkan kebiasaan copy paste kamu saat masih di bangku sekolah dulu, belajarlah menjadi jujur saat mengerjakan tugas ataupun ujian pada setiap mata kuliah yang kamu ambil. Para dosen akan sangat menghargai jika kamu berusaha mengerjakan tugas tanpa plagiarisme, jika ada tugas yang membutuhkan referensi datanglah ke perpustakaan yang ada di kampus kamu dan jangan lah coba-coba untuk menyontek hasil tugas teman kamu. Dengan bersikap jujur juga kamu akan lebih puas saat mendapatkan nilai yang kamu inginkan.

Mahasiswa Berprestasi

Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu jangan takut untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh kampus maupun yang di luar kampus kamu. Dengan begitu selain mendapatkan pengalaman kamu juga bisa mengharumkan nama kampus kamu dan para dosen pun otomatis senang dan akan mendukung kamu sepenuhnya.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah kamu termasuk tipe mahasiswa diatas? Jika artikel ini membantu jangan lupa beri like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait