Opini

Tipe-tipe Mahasiswa yang Akan Kamu Temui di Kampus!

Berikut ini merupakan tipe-tipe mahasiswa yang akan kamu temui di dunia perkuliahan nantinya!

Afifah Julianda putri13 September 2023

Setiap mahasiswa memiliki ciri dan karakter. Perbedaan ini menghasilkan momen dan cerita yang berbeda-beda satu sama lain. Maka, kamu akan menemukan tipe-tipe mahasiswa yang paling sering ditemui di kampus. Apa saja itu?

Mahasiswa Ambis

Tipe yang pertama yaitu mahasiswa ambis. Tipikal mahasiswa ini adalah mahasiswa yang tidak cepat puas. Mahasiswa ini selalu mengerjakan tugas dengan sepenuh hati dan tekun untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Seringkali melakukan lebih dari apa yang diharapkan oleh diri mereka sendiri. Kamu juga bisa loh sobat untuk menjadi tipe mahasiswa ini jika memiliki keinginan yang kuat. Cara termudah yaitu aktif dikelas dan rajin memberi pertanyaan kritis kepada sesama mahasiswa atau pada dosen.

Mahasiswa Aktivis

Mahasiswa aktivis terkenal aktif secara akademis maupun organisasi. Mahasiswa aktivis terkenal sibuk karena mengikuti banyak kegiatan di kampus maupun di luar kampus. Menjadi mahasiswa aktivis akan membentuk jati diri sebagai sosok yang dewasa untuk bekal di masa depan.

Mahasiswa Agamis

Tipe yang satu ini sudah dipastikan sangat religius dan aktif dalam kegiataan keagamaan. Contohnya adalah mengikuti kegiatan rohis atau rohani islam. Kegiatan mereka berisi dengan hal-hal positif dan bersifat kebaikan untuk dunia maupun akhirat.

Mahasiswa Apatis

Mahasiswa apatis adalah tipe seseorang yang bersikap tidak peduli dengan  isu yang terjadi disekitarnya. Mereka masa bodoh dengan hal-hal yang menurutnya tidak penting dan berfokus pada diri sendiri.

Mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang)

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Sesuai dengan namanya mahasiswa dengan tipe ini umumnya hanya akan datang ke kampus untuk belajar lalu kembali kerumah.

Fokusnya pada kegiatan yang memang mereka sukai, seperti menonton film, bermain game, atau berdiam dikamar. Usahakan jangan seperti ini karena kebanyakan mahasiswa tipe ini sulit berkembang.

Mahasiswa Kura-Kura (Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat)

Berbanding terbalik dari tipe sebelumnya, mahasiswa tipe ini memililki keseharian yang super duper sibuk. Mereka umumnya memiliki banyak organisasi yang diikuti sudah menjadi makanan sehari-hari. Jika kamu termasuk tipe ini jangan lupa untuk tetap fokus pada akademis kamu ya sobat!

Mahasiswa Kue-Kue (Kuliah-Gawe-Kuliah-Gawe)

Tipe mahasiswa yang satu ini tidak jarang kamu temui di kampus nantinya, berbeda dengan yang lain mahasiswa dengan tipe ini sangat pandai untuk membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Selain itu, mahasiswa yang bekerja paruh waktu pastinya memiliki kelebihan untuk membagi pikiran agar kedua hal yang sedang ia kerjakan dapat seimbang.

Dengan menjadi tipe yang satu ini kamu juga akan mendapatkan pengalaman bekerja dan juga uang saku yang mampu membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun perlu diingat bahwa sebagai seorang mahasiswa tentunya kamu harus memprioritaskan kuliah dan belajar daripada apapun.  

Bagaimana sobat mahasiswa? Termasuk tipe yang seperti apakah kamu?

Share:

0 Komentar