Pengetahuan

Tips Manajemen Waktu Untuk Calon Mahasiswa!

Manajemen waktu adalah sebuah proses untuk merencanakan, mengatur, dan menggunakan waktu dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan yang direncanakan.

Afifah Julianda putri18 Agustus 2023

Bagi para calon mahasiswa baru, kamu sudah harus menerapkan sistem manajeman waktu yang baik agar kegiatan kamu selama berkuliah dapat terarah dan kamu tidak merasa kewalahan dengan kegiatan yang banyak.

Karena selain dengan pembelajaran di kampus kamu juga bisa saja memiliki kegiatan lain, seperti organisasi, kepanitiaan, ataupun melakukan hobi yang kamu miliki. Untuk itu sebuah manajemen waktu wajib kamu lakukan, untuk yang masih bingung mari simak penjelasan dibawah ini baik-baik ya sobat mahasiswa!

Membuat Jadwal Kegiatan

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat jadwal kegiatan, kamu bisa membuat daftar jadwal kamu dalam seminggu kedepan dengan rinci tanpa ada yang terlewatkan. Pastikan jadwal tersebut sudah termasuk waktu untuk kuliah, waktu untuk organisasi jika ada, pengerjaan tugas, persiapan ujian, dan waktu luang kamu yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan di waktu luang, seperti mengikuti volunteer, bootcamp, dan hal lainnya yang mampu menambah skill serta pengalaman kamu. Namun kamu juga bisa memakai waktu luang kamu untuk sekedar istirahat agar tubuh kamu tidak terlalu drop nantinya.

Membuat Skala Prioritas

Membuat daftar prioritas wajib untuk kamu lakukan agar kamu tahu hal apa yang harus kamu utamakan. Pastinya prioritas pertama untuk kamu seorang calon mahasiswa adalah belajar dan mengikuti kelas, usahakan kamu selalu masuk kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan dengan tepat waktu.

Jika kamu memiliki kegiatan lain pastikan bahwa kegiatan tersebut tidak mengganggu waktu kuliah kamu, intinya kamu harus bisa memaksimalkan kegiatan yang memang menjadi prioritas utama kamu.

Jangan Multitasking

Jika kamu memiliki tugas dalam waktu bersamaan jangan pernah multitasking, karena bukannya selesai dengan cepat kamu malah akan kehilangan fokus dan membuat tugas yang kamu kerjakan tidak efisien dan terbengkalai. Biasakan mengerjakan tugas satu persatu agar kamu bisa memaksimalkannya dengan baik.

Berani Mengambil Keputusan

Untuk mengatur waktu kamu dengan baik kamu harus bisa dan berani mengambil sebuah keputusan. Ada kalanya rasa penasaran dan fomo menghampiri diri kita, melihat teman sibuk organisasi sana-sini kamu jangan malah ikut-ikutan hanya karena sekedar penasaran.

Kamu harus bisa meyakinkan diri kamu sendiri dan membuat keputusan kegiatan apa saja yang memang kamu butuhkan dan yang akan memberikan dampak positif untuk kamu.

Disiplin

Hal terakhir yaitu kamu harus disiplin dengan segala jadwal yang sudah kamu buat sendiri, agar lebih terorganisir dan tidak lupa kamu bisa membuat jadwal pada aplikasi yang banyak tersedia, seperti Notion, Google kalender, Tick-tick, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan aplikasi tersebut dengan baik dan konsistenlah untuk mengatur waktu kamu sendiri agar kegiatan yang kamu lakukan dapat terarah dan tidak bentrok satu sama lain. Ingat jangan pernah kamu menunda-nunda tugas yang diberikan sampai menumpuk dan berakhir waktu kamu terbuang sia-sia. Jika kamu sudah mulai membiasakan hidup disiplin pastinya nanti kamu akan terbiasa untuk membagi waktu kamu dengan baik.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah penjelasan diatas dapat membantu kamu? Jika kamu ingin tips lainnya silahkan cek profil ini yaa, terimakasih dan semangat selalu!
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait