Pengetahuan

Tips Persiapan Kuliah Bagi Maba!

Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan bagi kamu para mahasiswa baru!

Afifah Julianda putri25 Agustus 2023

Bagi kamu calon mahasiswa baru, masa-masa awal perkuliahan akan disambut dengan antusias, sekaligus rasa was-was maupun tegang. Untuk mengatasi hal tersebut maka kamu harus mempersiapkan semuanya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam dunia perkuliahan, untuk lebih lanjut mari simak penjelasan dibawah ini baik-baik ya sobat mahasiswa!

Selesaikan Proses Administrasi Pendaftaran

Tips pertama mempersiapkan kuliah bagi kamu para mahasiswa baru adalah menyelesaikan proses pendaftaran, seperti pembayaran biaya kuliah, pendaftaran ulang, pengumpulan berkas, dan sebagainya.

Kamu bisa melakukan hal tersebut pada website yang sudah disediakan oleh kampus kamu atau kamu juga bisa menyelesaikannya langsung di kantor administrasi pada kampus kamu, dan ingat jangan sampai terlambat melakukan pendaftaran ulangnya ya sobat.

Beli Perlengkapan Kuliah Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa jurusan yang memang memiliki kewajiban untuk membeli beberapa barang sebelum masuk kuliah, contohnya yaitu jurusan akuntansi dimana memerlukan kalkulator untuk menunjang pembelajaran kamu selama berkuliah.

Namun jika belum tau perlengkapan yang dibutuhkan kamu bisa menyiapkan perlengkapan standar, seperti buku catatan/binder, alat tulis, dan laptop.

Cari Tempat Kos atau Asrama

Untuk kamu para mahasiswa baru yang memilih berkuliah di luar kota alias merantau kamu wajib mencari tempat tinggal jauh-jauh hari sebelum masuk berkuliah, jangan lupa untuk survey langsung dan memutuskan apakah tempat tersebut sesuai dengan keinginan kamu atau tidak.

Pastikan kamu sudah memahami peraturan yang dibuat oleh kost atau asrama kamu dan lebih baik carilah tempat tinggal yang dekat dengan kampus kamu berada agar kamu tidak membutuhkan transportasi lagi nantinya. Karena lancarnya pendidikan kuliah kamu juga ditentukan oleh tempat tinggal yang nyaman.

Cari Tahu Transportasi Paling Nyaman

Nah untuk kamu yang mendapatkan kampus pilihan yang tidak terlalu jauh dari rumah maka kamu wajib mencari rute transportasi terbaik, seperti bus, kereta, atau lainnya. Dan jika kamu membawa kendaraan pribadi ke kampus jangan lupa untuk memperhatikan lahan parkir yang dimiliki atau disediakan oleh kampus kamu.

Ikuti Masa Orientasi Kampus

Setiap kampus pasti akan mengadakan kegiatan yang satu ini untuk menyambut para mahasiswa baru dan jangan pernah kamu menyia-nyiakan hal tersebut. Pada masa orientasi ini kamu akan mengenal kampus lebih jauh, seperti mengenal fasilitas yang tersedia, sistem pembelajarannya, bahkan budaya kampus kamu tersebut.

Di masa orientasi ini pula kamu akan berkenalan dan menjalin komunikasi dengan teman satu angkatan, baik yang satu program studi dengan kamu maupun yang berasal dari prodi atapun fakultas yang berbeda.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah artikel ini membantu? Jika iya jangan lupa untuk memberikan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar