Pengetahuan

Tips Sukses Dikampus Untuk Maba!

Ini dia hal yang harus kamu lakukan agar sukses selama berkuliah nantinya!

Afifah Julianda putri24 Agustus 2023

Sebagai seorang mahasiswa pastinya kita semua ingin meraih kesuksesan dan merasakan masa kejayaan saat di dunia perkuliahan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut, simak baik-baik ya sobat mahasiswa!

Mantapkan niat untuk belajar

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu memiliki niat untuk belajar. Kamu harus tahu target ataupun tujuan yang ingin kamu capai selama berkuliah.

Selalu tanamkan niat bahwa kamu disini untuk fokus belajar bukan untuk hal lainnya, seperti ikut organisasi secara berlebihan, nongkrong sana-sini dengan teman, ataupun bolos pelajaran. Maka dari itu kuatkanlah tekad kamu agar tujuan kamu dapat terwujud dengan baik.

Rencanakan dan targetkan nilai IP

IP atau Indeks Prestasi merupakan nilai rata-rata seluruh mata kuliah yang kamu ikuti selama satu semester. Mulai dari sekarang buatlah target IP yang ingin kamu capai setiap semesternya. Sesuaikan dengan kemampuan kamu dan jangan terlalu berlebihan.

Cara mudah untuk mendapatkan IP salah satunya yaitu aktif dikelas. Untuk kamu para mahasiswa baru jangan ragu untuk bertanya ataupun menjawab pertanyaan dosen kamu selama di kelas ya sobat.

Temukan cara belajar yang nyaman

Cara belajar setiap orang pastinya berbeda-beda, ada yang dapat memahami pelajaran secara visual, ada pula yang mengerti jika secara auditori, kinestetik, ataupun berdiskusi. Untuk kamu para mahasiswa baru usahakan untuk mencari cara belajar yang tepat.

Sesuai dengan kemampuan kamu ya sobat karena akan menentukan bagaimana kamu kedepannya. Ingat jangan pernah melakukan cara SKS atau sistem kebut semalam ya para sobat mahasiswa! Selain buruk untuk kesehatan, ingatan kamu mengenai materi perkuliahan pun tidak akan kuat.

Pintar memilih organisasi

Untuk kamu mahasiswa baru setidaknya kamu wajib mengikuti salah satu organisasi yang ada di kampus. Selain untuk menambah teman, mengikuti organisasi akan menambah pengalaman dan mengasah soft skill kamu. Namun pastikan organisasi yang kamu pilih memang sesuai dengan passion dan memberikan dampak positif.

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih organisasi yaitu kesesuaian waktu, visi dan misi, dan pastinya kesiapan diri kamu.

Jangan mudah putus asa

Sebagai mahasiswa baru ada kalanya kamu merasa sulit beradaptasi. Kesulian memahami mata kuliah yang di ajarkan. Itu hal biasa, namun janganlah sekali-kali kamu merasa putus asa. Semua para mahasiswa sama-sama sedang belajar di bangku kuliah ini. Jika kamu merasa kesulitan jangan segan untuk berdiskusi dengan teman, kakak tingkat, ataupun dosen kamu untuk menemukan solusi yang tepat dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu? Jika iya jangan lupa berikan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait