Industri

5 Rekomendasi Platform Cari Tempat Magang Bagi Mahasiswa

Gimana nih kehidupan kamu sebagai mahasiswa sampai saat ini? Nah, kamu bisa banget lho mengikuti magang di luar kampus untuk menambah pengalaman.

Nuril Hidayah26 November 2022

Gimana nih kehidupan kamu sebagai mahasiswa? Pasti banyak pengalaman dan hal seru yang baru kamu dapatkan. Nah, bicara sebagai mahasiswa pasti banyak yang bisa dijadikan pembahasan. Mulai dari pengalaman internal dan eksternal dari kehidupan kampus.

Jika biasanya kamu mendapatkan pengalaman softskill dengan mengikuti BEM, HIMA, dan organisasi kampus. Lalu, bagaimana cara mengasah softskill di luar internal kampus? 

Pembahasan kali ini akan memberi insight baru bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman di luar kampus. Tidak hanya softskill, namun juga hardskill di dunia kerja. Yaps, jawabannya dengan mengikuti program magang selama menjadi mahasiswa aktif. 

Lalu, gimana sih cara mendapatkan tempat magang? Berikut rekomendasi platform pencarian tempat magang untuk mahasiswa, diantaranya:

1. Kampus Merdeka

Program Kampus Merdeka dari Kemendikbud sudah tidak asing abgi mahasiswa. kamu bisa banget mengikuti program ini dengan langsung mendaftar di website Kampus Merdeka

Tersedia puluhan hingga ratusan lowongan magang dari perusahaan startup hingga corporate. Mahasiswa aktif dapat mengikuti program ini yang nantinya dikonversi dalam sks kuliah. Informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi pihak kampus untuk proses pendaftaran Kampus Merdeka. 

2. LinkedIn

Nah, siapa yang belum mengenal LinkedIn? Media sosial sebagai platform jobseeker ini dapat digunakan untuk mencari tempat magang. LinkedIn menjadi media sosial utama untuk kamu yang ingin mendaftarkan kerja atau magang. 

Banyak perusahaan yang meminta link profil LinkedIn sebagai syarat pendaftaran di tahap awal. LinkedIn dapat digunakan sebagai branding keahlianmu dan pencapaian kamu selama ini. Lalu, gimana sih cara mencari tempat magang di linkedIn?

  • Kamu langsung search di bagian tab job dengan mengetik kata kunci pekerjaan. Misal: Content Writer Intern
  • Bisa juga dengan search di tab home #hiringintern atau cari saja hastag yang terkait tentang magang.
  • Kamu juga bisa mendapatkan informasi perusahaan dan informasi tim HRD melalui post linkedIn. Jangan lupa untuk selalu connect dan follow untuk tidak tertinggal informasi ter-update. 

3. Glints

Platform Glints ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu mencari tempat magang. Tersedia ribuan lowongan magang dan kerja untuk kamu. Terdapat beberapa filter pilihan mulai dari tipe pekerjaan, lokasi, hingga pengalaman kerja. 

Glints juga menyediakan fitur untuk rekomendasi pekerjaan sesuai data profil akun. Selain itu, Glints juga memberitahukan untuk progress lamaran ke perusahaan. 

4. Website Resmi Perusahaan

Tidak kalah penting juga, website perusahaan menjadi pilihan terbaik untuk mencari info magang. Perusahaan yang lebih besar sudah mempunyai website sendiri untuk pendaftaran internship.

Kamu bisa langsung saja search di Google tentang perusahaan. Misal: Gojek Career, Traveloka Career, dan lain-lain. Kamu dapat mendaftar langsung melalui akun resmi perusahaan dan mengikuti proses recruitment

5. Instagram

Media sosial Instagram cenderung digunakan sebagai share foto dan video. Namun, ada juga beberapa akun yang memberikan informasi terkait lowongan magang bagi mahasiswa.

Rekomendasi akun Instagram, seperti: @magangupdate, @anakmagang.id dan lain-lain.  kamu juga bisa melihat dari beberapa informasi resmi instagram perusahaan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait