Teknologi

Aplikasi Clubhouse Rilis untuk Android?

Masih ingat dengan aplikasi Clubhouse? Yaps, aplikasi ini pernah populer dan menjadi topik di berbagai media. Kini terdengar aplikasi Clubhouse akan dirilis untuk versi android. Benarkah begitu?

Nuril Hidayah20 Mei 2021

Pernah booming di masyarakat dunia, kini aplikasi Clubhouse membawa kabar terbaru. Sebelumnya, aplikasi Clubhouse ini rilis pertama kali pada Maret 2020 di Amerika Serikat untuk pengguna iOS dan dipopulerkan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Clubhouse adalah aplikasi media sosial menggunakan suara untuk pengguna bisa melakukan interaksi seperti podcast hingga diskusi membahas suatu topik secara live. 

Aplikasi berbasis audio-chat ini akan rilis untuk pengguna dengan versi Android. "Clubhouse untuk Android akan mulai diluncurkan dalam versi beta segera. Kita akan mulai secara bertahap, dengan AS hari ini, diikuti oleh negara berbahasa Inggris lainnya dan kemudian seluruh dunia," pernyataan di blog Clubhouse, Minggu (9/5/2021). 

Sejak pertama diperkenalkan dengan versi Andorid, status Clubhouse masih berupa beta untuk mengumpulkan feedback. Aplikasi Clubhouse akan di rilis di berbagai negara di dunia secara bertahap. "Pada hari Selasa,Clubhouse akan tersedia di Jepang, Brasil, dan Rusia. Sementara untuk Nigeria, India pada hari Jumat, dan seluruh negara di dunia akan hadir pada Jumat sore," tulis Clubhouse  di Twitter, Minggu (16/5/2021). 

Aplikasi Clubhouse versi Android di Indonesia

Aplikasi Clubhouse ini akan tersedia untuk perangkat sistem operasi (OS) Android versi 8.0 ke atas dan sudah ada di Google Play Store. Pengguna di Indonesia juga sudah bisa untuk mendaftar di Clubhouse: Drop-in audio cha‪t - Aplikasi di Google Play Namun, untuk saat ini para pengguna hanya bisa melakukan pra-pendaftaran dengan klik tombol pre-register di Google Play Store. Mekanisme pembuatan akun Clubhouse versi Android juga sama seperti iOS yang mana masih dengan sistem undangan (invite), sehingga pengguna baru akan bisa mendaftar dengan mendapatkan undangan dari pengguna lain. 

Meskipun begitu, beberapa fitur untuk Android masih diusahakan untuk bisa diluncurkan. Beberapa fitur yang akan segera dihadirkan dapat dilihat di laman dari blog Clubhouse yang menampilkan daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) di Android FAQ (notion.so). Fitur - fitur yang belum tersedia akan segera di rilis sebelum aplikasi Clubhouse untuk pengguna Android tersedia. 

Jumlah Unduhan Clubhouse Menurun Menjadi 2,7 juta

Menurut lembaga riset Sensor Tower, popularitas Clubhouse menurun seiring dengan jumlah unduhan pada beberapa bulan terakhir. Pada Maret 2021 jumlah unduhan Clubhouse turun menjadi 2,7 juta, hingga bulan April  yang mana jumlah unduhan berkurang drastis, yakni hanya mencapai 992.000 unduhan secara global. Meskipun demikian, keinginan para pengguna Clubhouse masih ingin bertahan untuk tetap berada di aplikasi tersebut.

Bagaimana menurut mu? Meskipun akan di buka untuk pengguna Android, masih mungkinkah aplikasi Clubhouse untuk populer lagi?


 

Share:

0 Komentar