Fun Fact

Berada di Manakah Dirimu? Kupas Tuntas Generasi XYZ hingga Alpha

Sering sebut kata Millenial? Yaps, kata tersebut sebutan untuk generasi yang lahir di tahun tertentu. Ternyata banyak lagi sebutan selain generasi Millenial, yuk ketahui perbedaannya.

Nuril Hidayah18 Mei 2021

Sering mendengar orang menyebut kata Millennial di berbagai media? Generasi Millenial ini juga disebut sebagai generasi Y, lho. Selain generasi Y, masih ada beberapa generasi sesuai perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat. Yuk, ketahui perbedaanya dari beberapa generasi saat ini.

1. Generasi X (Lahir di Tahun 1961-1980)

Elon musk
thewrap.com

Generasi ini lahir setelah generasi baby boomers yang lahir sebelum tahun 1960. Selain itu, generasi ini disebut sebagai generasi sandwich karena berada di antara dua generasi, yaitu baby boomers dan millennial. Karakteristik generasi ini dari pola asuh sebelumnya yang cenderung berani mengambil resiko dan keputusan yang matang. Selain itu, generasi ini mampu beradaptasi dan memiliki work-life balance. Kehidupan mereka juga seimbang antara karir dan waktu untuk bisa berkembang. Namun, generasi X cenderung skeptis untuk kegiatan yang tidak menguntungkan bagi mereka. 

Dilihat dari perkembangan teknologi, generasi ini sudah mulai mengenal komputer, video games, TV kabel, bahkan internet. Media komunikasi yang digunakan bahkan sudah mulai dari e-mail hingga pesan singkat berupa SMS. Pengenalan komputer ini juga berdampak pada pembukaan studi pendidikan komputer di Indonesia. Bahkan hingga akhir 1980-an, banyak sarjana komputer yang ahli di Indonesia. 

2. Generasi Y (Lahir di Tahun 1981 - 1994)

Nadiem Makarim
kaltimtoday.co

Nah, udah masuk di generasi yang dikenal millennial atau millenium. Angkatan ini juga senang untuk kolaborasi tim, menyukai tantangan, serta lebih terbuka dalam menghadapi perubahan. Rata-rata di dunia pendidikan saat ini yang banyak menempuh bangku kuliah dari generasi Y. Akses internet dan informasi serba mudah melahirkan ide-ide kreatif yang bermunculan. Terlihat dari berbagai penerapan teknologi dengan munculnya telepon yang dapak diakses secara mobile. Generasi ini juga mulai dengan munculnya terobosan teknologi, dimulai dari adanya aplikasi instant messaging seperti BBM, WhatsApp, Line, dan media komunikasi lainnya. 

3. Generasi Z (Lahir di Tahun 1995 - 2010)

jess no limit
blog.unitedtronik.co.id

Wah, siapa nih yang pernah dengar kata Gen Z? Yaps, generasi ini sudah dari lahir mengenal teknologi. Generasi ini sangat akrab dengan smartphone dengan aktif di akun sosial media mereka bahkan tidak bisa melepas diri dari genggaman gawai. Meski begitu, Gen Z ini senang untuk sosialisasi, multi-tasking, dan cepat adapatasi untuk belajar hal baru. 

Teknologi sangat berkembang pesat pada generasi ini. Terlihat dari lahirnya berbagai perusahaan start-up di Indonesia. Adapun teknologi terbaru yaitu nano-computing, 3D printing, driverless cars, dan lainnya. 

4. Generasi Alpha (Lahir di Tahun 2011 - sekarang)

gempi
idntimes.com

Paling terbaru nih dari generasi Alpha. Sejak lahir generasi ini sudah mengenal teknologi yang sudah berkembang secara pesat. Generasi yang masih usia dini ini sangat mudah mendapatkan akses berbagai informasi dari gadget maupun dari berbagai media. Pola pikir dan karakter dari generasi ini diharapkan akan lebih kreatif dan transformatif dalam membangun bangsa. 

Nah, kini kalian sudah tahu perbedaan dari beberapa generasi yang dilihat dari berbagai aspek. Kemajuan bangsa ditentukan oleh generasi yang ada untuk membangun dan kontribusi bagi negara. Pola pikir tiap generasi ini juga diperlukan untuk perkembangan dunia IPTEK yang semakin pesat. 

Share:

0 Komentar