Pengetahuan

Komunikasi Telekomunikasi: Pengertian, Metode, dan Sistem

Sistem komunikasi sangat luas dari berbagai aspek. Lalu,bagaimana sistem komunikasi di bidang telekomunikasi?

Nuril Hidayah10 Desember 2021

Komunikasi

Kata 'komunikasi' sudah sering kita dengar dan kita lakukan sehari - hari. Lalu, apa sih sebenarnya komunikasi itu?

Menurut Thoughtco.com,  komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi secara satu persatu atau antara kelompokKomunikasi membutuhkan pengirim, orang yang memulai komunikasi, untuk mentransfer pikiran mereka atau menyandikan pesan. Pesan ini dikirim ke penerima, seseorang yang menerima pesan, dan akhirnya, penerima harus memecahkan kode, atau menafsirkan pesan. Ini terdengar cukup sederhana tetapi lebih rumit.

Ada berbagai macam metode komunikasi yang bisa digunakan, antara lain:

  1. Face to face (tatap muka)
  2. Sinyal
  3. Surat
  4. Inovasi Elektronika, meliputi telegraph, telephone, radio, televisi, dan internet (komputer)

Sistem Komunikasi

Sistem komunikasi pada telekomunikasi dapat dilihat pada blok diagram di bawah ini. Sistem komunikasi ini terdiri dari komponen dasar, yaitu adanya transmitter (pengirim), saluran komunikasi, hingga sampai pada receiver (penerima). Berikut akan dijelaskan sistem komunikasi sesuai blok diagram ini. 

Sumber Gambar: @2008 McGrow-Hill Companies
Sumber Gambar: @2008 McGraw-Hill Companies

Baca juga 

Pengirim atau Transmitter

Transmitter adalah kumpulan komponen elektronik dan sirkuit yang mengubah sinyal listrik Transmitter terdiri dari osilator, amplifier, sirkuit dan filter yang disetel, modulator, mixer, synthesizer, dan sirkuit lainnya. Input yang dikirim oleh transmitter berupa informasi seperti audio, video, data komputer, dan lain-lain. 

Saluran Komunikasi atau Communication Channel

Saluran komunikasi adalah media di mana sinyal elektronik dikirim ke berbagai tempat.
Contoh jenis media:

  • Konduktor listrik
  • Media optik
  • Ruang kosong
  • Media khusus sistem (misalnya, air adalah media untuk sonar)

Pada proses pengiriman dari transmitter ke receiver biasanya sering terjadi gangguan atau noise. Noise adalah energi elektronik acak dan tidak diinginkan yang memasuki sistem komunikasi dan mengganggu pesan yang dikirimkan. Noise dapat menganggu sinyal yang dikirim ke penerima.  Efek noise ini juga menyebabkan pendengar tidak mengerti sinyal asli bahkan seluruh sinyal, kegagagalan sistem penerimaan sinyal, dan sistem yang tidak efisien. 

Penerima atau Receiver

Penerima adalah kumpulan komponen elektronik dan sirkuit yang menerima pesan yang ditransmisikan dari saluran dan mengubahnya kembali agar mudah dipahami manusia.

Reciver meliputi

  • amplifier
  • osilator
  • mixer
  • sirkuit dan filter yang disetel
  • demodulator atau detektor. 

Nah, itu tadi sistem komunikasi secara general dilihat dari sudut telekomunikasi. Yuk, menambah pengetahuan bersama Anak Teknik.

 

Share:

0 Komentar