Teknologi

Mengenal Google Colab, Aplikasi Pengolahan Data Open Source

Sudah mengenal Google Colab atau Colaboratory? Yaps, layanan dari Google ini dikembangkan untuk para programmer atau researcher yang mungkin kesulitan untuk mendapatkan akses komputer dengan spek tinggi. Apa saja yang ada di Google Colab?

Nuril Hidayah20 November 2021

Sebenarnya, apa itu Google Colab?

Pasti kamu sudah mengenal Google Drive, Google Slide, Google Docs dan lainnya. Sama seperti mereka, Google Colab merupakan layanan atau tools yang dikembangkan Google Research yang berbasis cloud dan pastinya digunakan secara open source. Google Colaboratory berupa executable document yang bisa dipakai untuk menyimpan, menulis, serta membagikan program yang telah ditulis melalui Google Drive. 

Jika sebelumnya menggunakan notebook Jupyter, kamu akan cepat belajar menggunakan Google Colab. Hal ini memungkinkan penguna untuk menjalankan kode Python tanpa perlu untuk instalasi maupun setup lagi. Semua keperluan setting dan adjustment diserahkan ke cloud. 

Cara Menggunakan Google Colab

Lalu, gimana sih cara menggunakan Google Colab nih. Langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Kunjungi  halaman Google Colab, kamu akan diarahkan menuju halaman Welcome Page Google Colaboratory seperti di bawah ini. Kamu juga bisa login gmail terlebih dahulu melalui Google Drive untuk menuju Google Colab. 

tampilan awal google colab
Halaman Utama Google Colab

2. Pilih tab File, lalu klik New notebook, hingga muncul tampilan di bawah ini.

Halaman baru Google Colab Notebook
Halaman baru Google Colab Notebook

3. Nah, setelah pilih New notebook, kamu bisa untuk mencoba run program seperti di bawah ini. Cara menjalankan program bisa dengan klik tombol seperti play.  

 Contoh Menjalankan Program di Google Colab 
 Contoh Menjalankan Program di Google Colab 

4. Kamu bisa juga nih, untuk save di Google Drive maupun Github dengan cara tab menu File dan scroll ke bawah untuk Save, Download dan lainnya. Kamu juga bisa lebih eksplor kembali fitur-fitur lainnya di Google Colab. 

Manfaat Google Colab

Melansir dari Towards Data Science terdapat beberapa manfaat dari Google Colab nih. Apa saja ya? 

  • Pre-Installed LibraryKumpulan lengkap library untuk pengolahan data secara lengkap, seperti Keras, TensorFlow, dan PyTorch.
  • Kolaborasi! Google Colab memberikan kemudahan untuk bekerja sama dengan orang lain, sehingga pekerjaan bisa diakses dan diedit secara tim. 
  • Fitur GPU Gratis! Tidak perlu khawatir lagi akan komputer dengan spek tinggi, karena Google Colab bisa dijalankan secara cloud. Bisa running program dalam waktu yang lama hingga 12 jam. Jadi, bagi yang ingin belajar Deep Learning nggak perlu terhalang komputer spek tinggi. 
  • Saling Terhubung! Google Colab mudah terhubung dengan jupyter notebook di komputer kita (local runtime), terhubung Google Drive, maupun Github. 

Nah, kita sudah mengenal nih Google Colab hingga manfaat yang luar biasa. So, kamu udah nggak ada lagi halangan buat Deep Learning pemrograman, semua akses sudah semakin mudah saat ini. Yuk, semangat terus belajar Anak Teknik.

 

Share:

0 Komentar