Industri

Yuk Ikutan Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

Bingung saat liburan nanti mau ngapain? Yuk, ikutan program kampus merdeka dari Kemendikbud. Ada banyak yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif selama liburan nanti. Apa saja ya?

Nuril Hidayah27 Juni 2021

Kampus Merdeka telah secara resmi diluncurkan sejak awal tahun 2020 oleh Kemendikbud. Lalu, sebenarnya apa Kampus Merdeka ini?

Program Kampus Merdeka bertujuan agar pendidikan tinggi mendapatkan kemerdekaan untuk mencapai targetnya. Berbagai program diberikan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk bisa mengembangkan kemampuan dan keterampilan sesuai bidang masing-masing.

Saat ini, program dari Kampus Merdeka yang sedang berjalan, yaitu: Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Studi Independen, dan Magang. Nah, yang perlu kalian tau program ini telah dibuka masa pendaftaraan saat ini hingga akhir Juli 2021 nanti.

Kali ini kita akan membahas tentang magang di Kampus Merdeka itu seperti apa, yuk kita simak. 

Apa itu Magang?

Magang atau internship ini adalah proses pelatihan individu atas pekerjaan tertentu, tetapi bukan bagian seutuhnya dari perusahaan. Tujuan dari magang untuk setiap individu mampu menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Lalu, apa program Magang Bersetifikat Kampus Merdeka? Magang Bersetifikat adalah program dari Kampus Merdeka untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan melakukan aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Program magang ini akan terlibat secara langsung dalam aktivitas internal institusi tempat magang dan mendapatkan ilmu yang relevan dengan tempat magang.  

Baca Juga : Sebagai Anak Teknik, ketahui 5 Hal Ini Sebelum Kamu Magang!

Manfaat Magang 

1. Praktek ilmu yang dipelajari semasa kuliah

Selama mengikuti kuliah di kampus, pastinya banyak ilmu yang bisa diaplikasikan di dunia kerja. Ilmu yang telah dipelajari dapat di praktekan dalam masalah nyata. Selain itu, menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah dapt membuat kita semakin paham apa yang selama ini di pelajari. 

2. Keterlibatan langsung dalam dunia kerja

Terjun langsung di dunia kerja akan memiliki pengalaman tersendiri. Mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata tentang bagaimana bekerja sesungguhnya. Terlibat langsung di dunia kerja juga akan membantu untuk eksplor pekerjaan sesuai bidang dan minat. 

3. Menjalin relasi dalam lingkungan profesional

Nah, selama bekerja kita juga akan berada di lingkungan yang sangat berbeda dari lingkungan kampus. Perbedaan pola pikir dan karakter dari setiap anggota di perusahaan tempat kamu magang memberimu pengalaman tersendiri yang tidak bisa di dapatkan selama duduk di bangku kuliah.

4. Menambah pengalaman kerja 

Saat lulus nanti, bahkan melamar pekerjaan akan melampirkan resume atau CV. Pengalaman magang kalian bisa ditambahkan di resume atau CV. Hal tersebut dapat menjadikan penilaian lebih saat wawancara kerja nanti.  

5. Peluang keberlanjutan karir

Selama kegiatan magang berlangsung, tampilkan hal terbaik dari kemampuan kalian. Eits, bukan berarti kalian caper atau gimana ya, tapi lebih ke performa yang lebih cekatan dan rasa ingin tau lebih banyak. Hal tersebut membuka peluangmu untuk diterima menjadi karyawan tetap. 

Persiapan apa saja untuk Magang Bersetifikat Kampus Merdeka? 

1. Cek secara langsung berbagai informasi dari website resmi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/penelitian 

2. Perhatikan timeline dari tiap tahapan yang ada.

3. Buat akun terlebih dahulu dengan data yang benar dan teliti.

4. Tentukan pilihan perusahaan dan pekerjaan yang akan diambil.

5. Persiapkan segala persyaratan dengan teliti. 

6. Diskusikan dengan dosen pembimbing dari kampus.

7. Berbagai pertanyaan ada di Frequently Asked Questions (FAQ) di laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/faq/magang

8. Jangan lupa berdo'a agar magang kamu diterima perusahaan dan semangat selalu untuk magang nanti.

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait