Fun Fact

4 Fakta Menarik Mengapa Motor Tidak Memakai Turbo

Jika berbiacara kendaraan yang laju pasti identik dengan TURBO bagaiamana tidak banyak kendaraan yang sudah menggunakan turbo seperti mobil-mobil balap, dan kenadaraan besar besar lainnya.

Minir9 September 2021

Apa kaitan Motor dengan Turbo?

spidometer motor

Kendaraan yang paling dominan dipakai masyarakat Indonesia adalah kendaraan bermotor bagaimana tidak kendaraan yang satu ini memang sangat memikat hati para penggunanya, selain harganya yang murah kendaraan ini didesain dengan beberapa keragamanan.

FAKTA YANG TERJADI

Perkembangan inovasi dan modifikasi kendaraan bermotor terus di tingkatkan dan di kembangkan dengan sistem sistem teknologi canggihnya. Beberapa point penting kenapa kendaraan bermotor di gemari oleh konsumennya yaitu karena kenyamanan, kecepatan, dan keindahaannya.

ilustrasi turbo pada kendaraan bermotor

Lagi dan lagi berbicara kecepataan speed, motor yang pada umumnya dijual secara komersial dan masal memang tidak secepat motor-motor yang diproduksi untuk ajang juara lomba seperti motor gp yang memiliki speed diatas motor pada umumnya.

Jika berbiacara kendaraan yang laju pasti identik dengan TURBO bagaiamana tidak banyak kendaraan yang sudah menggunakan turbo seperti mobil-mobil balap, dan kenadaraan besar besar lainnya.

 

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana dengan motor apa bisa menggunakan turbo.......

  1. Specifikasi mesin yang tidak cocok.

Yaa betul sekali, kendaraan motor merupakan kendaraan digunakan untuk mobilitas dalam jangka jarak yang tidak relatif panjang dan jauh. Kendaraan bermotor umumnya dispesifikasikan dengan nilai RPM akselerasi yang tinggi dan sedangkan hasil dari turbo itu sendiri lebih kepada torsi high dan RPM low. Selain itu specifikasi konstruksi mesin motor yang kurang sesuai karena motor menggunakan bahan bakar bensin dan hal lainnya yang berbeda sehingga secara spefikasi mesin turbo tidak cocok untuk digunakan pada kendaraan motor.

 

  1. Rancang bangun desain tata letak.

Pada umumnya kendaraan bermotor memang kendaraan yang sengaja dibuat dan didesain dengan kecil dan tidak untuk bermuatan besar. Yang umumnya motor itu sendiri selalu mengedepankan bentuk yang ramping. Dapat dianalisa jika saja motor diberi turbo tentu saja kita akan menduga sangat tidak cocok dengan desain tata letak dari motor itu sendiri. Tidak heran jika kebanyakkan motor pada umum nya tidak menggunakan turbo.

 

  1. Segi efisiensi dan efektifitas yang tidak didapat.

Kita dapat ketahui bahwa kendaraan bemotor cenderung menggunakan busi dan memakai bahan bakar bensin bukan solar. Secara mendetail sistem yang ada didalam mesin motor memiliki kecenderungan cepat terbakar dan rasio bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan udara. Sangat tidak efisien dan tidak efektif jika pada motor di beri turbo, karena sistem mesin yang berbeda.

 

  1. Menghilangkan fungsi ciri khas dari motor.

Ciri khas dari motor adalah lebih mengedepankan speed dari pada torsi sehingga bila kita memberi ataupun memasang turbo pada kendaraan motor kita hal ini akan menghilangkan ciri dan fungsi khusus dari motor. Hal ini berkaitan dengan yang sudah dijelaskan pada point 1 hingga 3 dimana motor memiliki karakteristik yang bereda dengan kenadaraan lainnya seperti mobil dan sebagainya.

Share:

0 Komentar