Industri

4 Karakter Wajib dimiliki Untuk Menjadi Supervisor Alat Berat

Yakin mau jadi Supervisior.....? . Yuk sobat teknik cari tau 4 karakter wajib Supervisior versi anak Teknik Alat Berat

Minir17 Agustus 2021

                                                           supervisor adalah

Pada sebuah proyek pekerjaan tentu saja kehadiran dari supervisor sangat diharapkan, karena kita ketahui supervisor itu memiliki peran tugas dan tanggung jawab yang cukup besar atas sebuah proyek yang dilaksanakan.

Supervisor merupakan jembatan komunikasi dan arahan dari top level management menuju ke bottom level management. Tidak jarang jika orang banyak menyebutnya sebagai middle level management/ level tengah manajemen. 

Anda tertarik untuk menjadi supervisor?

Jika yaa!!! Maka anda perlu memiliki beberapa karakter yang wajib dimiliki oleh seorang supervisor.

Berikut sobat teknik merangkum ada 4 karakter utama yang wajib dimiliki untuk menjadi supervisor di sebuah perusahaan versi anak teknik:

1. Mental agility

mental sikap lincah dan adaptif

Agility adalah sebuah kelincahan, ketahanan, dan ketangkasan. Dimana mental agility merupakan sikap untuk mampu lincah dalam memimpin serta memiliki ketahanan yang mumpuni dalam segala tantangan yang menghadang. Penting untuk dimiliki karakter ini sebagai supervisor yang tangguh. Dilain sisi banyak tantangan yang muncul seperti yang dihadapi saat ini yaitu pandemi dimana supervisor harus mampu agility dalam menjawab tantangan yang menghalanginya.

2. Jiwa transformasional

mengikuti perubahan

Perubahan adalah sesuatu hal yang tidak bisa terelakan dari waktu ke waktu perubahan terus terjadi dengan cepat. Jika berbicara jiwa transformasional maka akan berkaitan dengan sebuah jiwa dalam menghadapi, menangani, serta tindakan terhadap sebuah transformasi perubahan yang terjadi. Sebagai contohnya adalah yaitu transformasi teknologi dimana beberapa tahun terakhir perubahan transformasi ini berlalu dengan cepat. Jadi penting untuk sobat teknik yang ingin jadi supervisor untuk menampilkan karakter transformasional.

3. Kreatif dan inovatif

kreatif dan inovatif

Kreatif dan inovatif adalah sebuah penggabungan dimana arti kreatif dan inovatif adalah sebuah kemampuan logika dan pengetahuan terhadap sesuatu hal yang dipikirkan dan diwujudkan dalam bentuk nyata. Pentingnya sebuah inovasi terhadap keberlangsungan kinerja dari supervisor karena supervisor yang mampu bertahan adalah supervisor yang mampu untuk terus berinovasi terhadap segala hal yang dilakukan. Mustahil untuk supervisor dapat bertahan tanpa kreatifitas dan inovasi yang dihasilkan dan diciptakan.

4. Memiliki Etika Professional

sikap professional

Etika merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang. Etika yang dimaksud disini adalah sebuah etika profesional yang selalu diterapkan disetiap langkah kegiatan dalam berkarya. Etika professional ini menjadi penting karena nilai dari sebuah personal branding supervisor dapat dilihat dan diukur dengan cerminan etika yang dihasilkan dari supervisor. 

 

Menjadi seorang supervisor memang tampak keren dan profesional, namun dibalik itu semua perlu ada karakter khusus yang wajib dimiliki oleh individu yang hendak menjadi supervisor.

Jadi minat kan sobat teknik untuk berkarir dan berprofesi menjadi supervisor....?

Namun pastikan 4 karakter di atas harus kamu miliki ya sobat....................

Share:

0 Komentar