Industri

5 Kompetensi Dasar Wajib Dimiliki Oleh Seorang Fresh Graduate Mechanical Engineering Heavy Equipment

Didunia persaingan saat ini terutama diera 4.0 serta makin sempitnya dunia pekerjaan. Penguatan akan aspek kompetensi adalah hal yang penting dilakukan untuk menjawab tantangan masalah yang terjadi.

Minir23 Agustus 2021

Menjadi seorang Mechanical Engineering Heavy Equipment bukanlah suatu hal yang mudah, namun tidak menutup kesempatan untuk Anda yang mau berkarir dan berkarya serta bekerja menjadi seorang Mechanical Engineering Heavy Equipment.

Perlu Diketahui !!!

Banyaknya lulusan fresh graduate , yang tidak berimbang dengan lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini membuat pentingnya sebuah skill kompetensi yang dimiliki oleh setiap individu agar mampu bersaing didunia kerja.

Selain itu apabila seorang fresh  graduate memiliki kompetensi yang bisa diaplikasikan di dunia kerja akan menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

Pentingnya kompetensi yang dimiliki oleh setiap individu fresh graduate Mechanical Engineering Heavy Equipment untuk mendukung profesionalitasnya dalam bekerja. berikut penulis mencoba untuk merangkum 5 kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Mechanical Engineering Heavy Equipment.

1. Teori dan praktikal teknik

Kompetensi yang harus dan wajib dimiliki oleh setiap lulusan muda mahasiswa adalah teori dan praktikal teknik. Dimana teori teori ini digunakan sebagai landasan dasar pengetahuan tentang Mechanical Engineering Heavy Equipment. Sama halnya dengan praktikal teknik dimana setiap individu mampu dan harus bisa mengimplementasikan sebuah teori-teori yang pernah dipelajari untuk bisa diterapkan langsung pada praktikal teknik.

2. Analisa teknikal dan taktikal

Dalam sebuah pekerjaan tentu saja ada proses analisa agar mampu mengamati dengan baik. Sama halnya dengan analisa teknikal yang merupakan sebuah proses mengamati, mengidentifikasi, dan mengobservasi sebuah pekerjaan tertentu dan masih bersifat umum. 

Berbeda halnya dengan analisa taktikal yang lebih fokus pada proses mengamati, mengidentifikasi, dan mengobservasi sebuah pekerjaan secara mendetail, dan tingkat akurasinya lebih spesifik. Pada dasarnya analisa teknikal dan taktikal adalah satu kesatuan kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap individu Mechanical Engineering Heavy Equipment.

3.Problem-solving

                                                 

Proses pemecahaan masalah adalah suatu hal yang tidak mudah dan butuh keahlian khusus untuk dapat menyelesaikan sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Jadi sangat penting sekali bagi seorang Mechanical Engineering Heavy Equipment untuk mampu memiliki dan mengimplementasikan sebuah keahlian Problem solving, terutama kita ketahui di dunia teknik memiliki akar permasalah yang sangat kompleks.

4. Kolaborasi dan kerja sama tim

Bekerja secara individu memang memiliki sedikit efektif dibandingkan dengan bekerja sama tim dan berkolaborasi. Pada dasarnya butuh keahlian khusus untuk mampu bekerja sama dengan tim agar mampu bekerja dengan solid dan berkolaborasi. Keahlian ini sangat penting dan wajib dimiliki karena dapat dilihat bahwa tidak ada pekerjaan yang dilakukan secara sendiri-sendiri melainkan secara bersama-sama agar dapat menghasilkan efektivitas yang jauh lebih besar.

5. Mampu bekerja dibawah tekanan

Perubahan dan dinamika yang terjadi setiap saat membuat setiap orang untuk mampu tangguh dan beradaptasi. Kompetensi terakhir yang wajib dimiliki oleh setiap fresh graduate Mechanical Engineering Heavy yaitu mampu bekerja dibawah tekanan. Dapat kita amati tekanan-tekanan yang terjadi di dunia kerja seolah sudah tidak bisa dihindarkan lagi, namun kita hanya bisa untuk mengelola, mengatur dan mengatasinya.

Bagaimana dengan Anda, setuju dengan hal ini?

 

 

Share:

0 Komentar