Pengetahuan

5 Tips Wajib Dalam Mengelola Waktu Saat Kamu Punya Aktivitas Padat

Time Management merupakan hal dasar yang bisa mengubah hidup kamu jauh lebih baik

Minir29 Januari 2022

Ketika kamu ditanya, apa yang sudah kamu lakukan hari ini?

Seseorang dengan time management yang baik dapat menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Namun berbeda jika seseorang tidak menerapkan time management, pasti akan bingung apa yang mau dilakukan.

Time Management merupakan hal dasar yang bisa mengubah hidup kamu jauh lebih baik. Orang-orang yang memiliki jam terbang tinggi sangat mementingkan aspek pengelolaan waktu.

Maka dari itu penulis berusaha menjelaskan 5 tips jitu untuk mengelola waktu saat beraktivitas:

1. Punya jurnal dan planner harian

Planner | Sumber. Freepik

Untuk bisa memetakan kegiatan kita perlu punya jadwal agenda kegiatan. Jadwal agenda kegiatan bisa kita tulis di dalam jurnal harian kita.

Kamu juga bisa membuat dan merencanakan kegiatan mendatang. Tandai seluruh kegiatan yang sudah dan belum terlaksana. Pastikan kamu bisa mengevaluasi seluruh kegiatan kamu, yang sudah kamu petakan dan susun.

2. Tetap fokus pada tujuan

Tujuan | Sumber. Freepik

Saat kamu melakukan sebuah aktivitas, kamu pasti memiliki sebuah tujuan. Tujuan tersebutlah yang kamu jadikan acuan untuk bisa mengelola waktu dengan baik.

Saat tujuan kamu telah tergambar jelas, maka kamu akan jauh lebih menghargai waktu.  

3. Memulai dari hal-hal yang mudah

Pemilihan Aktivitas | Sumber. Freepik

Hari-harimu akan terasa sangat membosankan jika kamu melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai. Maka dari itu kamu perlu memilih pekerjaan yang mampu kamu kerjakan dahulu.

Kemudian, kamu melanjutkan ke aktivitas yang lainnya. Ketika semua aktivitas kita lakukan sesuai proporsional kita. Maka seolah diri kita akan merasa tidak bosan.

4. Berani untuk bilang tidak

Berani Memilih | Sumber. Freepik

Banyak sekali orang yang merasa tidak enakkan. Justru jika hal tersebut terus kita lakukan maka akan berdampak pada pemborosan waktu kita. Waktu kita akan terbuang dengan aktivitas yang tidak kita sukai.

Jika sebuah aktivitas tidak kita sukai maka hasilnya pun akan tidak produktif. Sehingga kamu yang memiliki time management bagus akan berani berkata tidak dalam sesuatu hal.

5. Self Reward

Self Reward | Sumber. Freepik

Untuk memacu semangat kamu, kamu bisa melakukan beberapa pendekatan kepada diri kamu sendiri. Hal yang bisa lakukan yaitu dengan cara memberikan penghargaan kepada diri mu atas setiap pencapaian.

Sehingga kamu akan jauh lebih baik dalam mengelola waktu mu. Ketika kamu merasa dihargai oleh diri sendiri maka kamu akan jauh lebih produktif.

Apa yang kita anggap produktif, belum tentu produktif dalam kenyataannya. Sehingga kamu harus men-setting 5 cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, supaya lebih produktif. Ketika kamu melakukannya time management yang rapi dan tersusun maka seluruh aktivitasmu jauh lebih menyenangkan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait