Pengetahuan

6 Cara Unik Belajar Dari Mahasiswa Korea Selatan

Cara belajar Unik dari Korea Selatan Yang wajib di terapkan di Indonesia.

Minir14 September 2021

Setiap negara tentu memiliki mekanisme cara belajarnya yang sesuai dengan budaya setempatDengan adanya mekanisme belajar yang baik maka akan berdampak baik pada negara itu sendiri, khususnya bidang pengetahuan dan pengembangan sumber daya manusia.

pendidikan di korea selatan

Salah satu negara yang memiliki ciri khas mencolok dari sistem mekanisme belajaranya adalah negera Korea Selatan. Korea Selatan merupakan sebuah negara kecil namun memiliki kedaulatan dan kesejahteraan yang cukup baik terutama dalam hal aspek sumber daya manusianya.

Hal itu dapat dilihat dari gaya belajar yang unuk dan diterapkan di Institusi pendidikan di Negara tersebut.

Berikut terdapat enam  cara unik belajar mahasiswa yang ada di Korea Selatan.

1. Disiplin dalam mengatur waktu

Korea Selatan itu sendiri  menerapkan sistem belajar dengan waktu yang cukup fantastis yaitu menembus angka 13 jam perhari belajarnya, 7 jam untuk tidur, dan sisa nya mereka gunakan untuk refreshing dan untuk hiburan. Sehingga mahasiwa disana memiliki tata kelola manajemen waktu yang baik dan tertata. Dengan kata lain mahasiswa Korea Selatan berkomitmen untuk terus belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuannya dengan memaksimalkan waktu yang ada.

2. Memiliki ruang belajar yang nyaman

Berdasarkan penelitian yang diambil dari University of Helsinki and Lawrence Berkeley National Laboratory, yang mengatakan rata-rata mahasiswa atau orang-orang yang tinggal di Korea Seletan memiliki tingkat produktifitas yang tertinggi ketika berada di dalam ruangan yang bersuhu sekitar 22 hingga 25 derajat celcius. Sehingga mahasiwa di Korea Selatan banyak yang gemar belajar di ruangan yang nyaman.

3. Menggabungkan dua gaya belajar

Negara Korea Selatan juga menggabungkan dua mekanisme gaya belajar yang terdiri dari 8 gaya belajar, dan mereka dapat menggabungkan beberapa gaya belajar yang sesuai dan saling berkaitan agar tidak saling bertabrakan.

4. Memiliki timer untuk belajar

Mahasiswa di Korea Selatan selalu menghargai dan memanfaatkan waktu dengan semaksimal dan seefektif mungkin untuk belajar. Sehingga kebanyakan dari mereka menyediakan stopwatch ketika sedang belajar. 

5. Fokus mengerjakan satu subjek dalam waktu 20 menit

Pada dasarnya kemapuan otak kita hanya mampu optimal dari 20 menit pertama. Inilah yang menjadi penting di Korea Selatan untuk selalu fokus pada satu subjek pada 20 menit pertama nya.

6. Mencatat materi yang belum diketahui

Orang Korea Selatan selalu mencari dan mencatat kosa-kata baru dalam pembelajaran. Setelah mencatat, berikutnya akan mendalami dan mencari tahu lebih lanjut tentang hal yang ia tidak ketahui tersebut.

Share:

0 Komentar