Teknologi

Apa Itu Robotic Leader

Perkembangan Teknologi robot saat ini memang sangat pesat. namun masih sedikit orang tau tentang Robotic Leader, mari cari tau pada artikel ini.......

Minir26 Agustus 2021

What Is a Robotik Leader?

Perkembangan teknologi masuk pada tahap-tahap dimana teknologi terus berubah dan silih berganti. Terutama di masa-masa saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 dimana leader dituntut perannya agar terus mampu beradaptasi.

Kita sadari untuk menjadi seorang leader transformator bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan intuisi yang tajam dalam mengeksekusi suatu perkembangan dimasa yang akan datang.

Seorang leader harus mampu membuat program dan menjadi operator bagi robot-robot untuk membantu pekerjaannya. Namun hal yang dimaksud adalah bukan menjadi robot yang hanya bisa diperintah. 

Selain itu, robotic leader harus memiliki kemampuan dan keahlian untuk inovatif dan kreatif dalam mendesain masa depan sebuah organisasi. Dengan kata lain, mampukah menjadi leader untuk bersaing dengan kemampuan robot terhadap perkembangan dan perubahan saat ini..? 

Ataukah hanya menjadi seorang leader yang seperti robot? 

Yang baru akan bergerak jika diperintah dan disuruh...? Melihat akan potensi yang dimiliki oleh seorang leader tentu bukan menjadi arah untuk mencapai kesuksesan peran sebagai seorang leader..?

 

Berikut Adalah Kiat-Kiat Untuk Mampu Menjadi Robotic Leader :

Multi Skill dan multi kompetensi

Semakin canggih nya teknologi robotik mengharuskan kita seorang leader untuk mampu memiliki keahlian yang lebih dari satu bahkan jika memiliki banyak kompetensi maka dianggap akan menjadi lebih baik. Sehingga tidak jarang seorang leader mengkombinasi keahlian dan kompetensinya untuk mampu menjadi leader robotic.

Fleksibel dalam situasi dan kondisi

Untuk dapat menjadi leader robotic, perlu sekali pergerakan yang fleksibel dalam mengambil sebuah tindakan baik dalam situasi dan kondisi yang tertentu. Kefleksibelan kita terhadap robot lah yang menjadi kan kita layak untuk menjadi leader robotic.

Mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan

Perubahan adalah sesuatu hal yang wajar terjadi, perubahan demi perubahan terus terjadi. Dalam konteks kepemimpinan tentu harus bisa beradaptasi dengan baik terhadap semua perubahan-perubahan yang terjadi. Apalagi jika berbicara leader robotic maka seorang leader dituntut untuk mampu membawa perubahan baik dana inovasi dan kreasi pada robotic.

Kreatif dalam melakukan inovasi dan improvement setiap saat

Semua hal tersebut tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan leader yang kreatif dan mampu membawa perubahan inovasi. Untuk menjadi leader robotic penting bagi seorang leader agar mampu kreatif dalam menangani robot-robot yang ada, dilain sisi perkembangan teknologi robot terus mengalami inovasi perubahan agar mencapai kesempurnaan sebuah inovasi dan kreatifitas. 

CONCLUSION

Perkembangan teknologi terutama dalam hal robotic tentu hal ini menjadi problematika khusus. Hadirnya seorang pemimpin yang mampu memimpin sistem dan tata kelola robot merupakan sebuah keahlian yang baru dan sangat dibutuhkan dimasa depan. Pada dasarnya memimpin robot tidak sama seperti memimpin manusia berbeda cara dan menyikapinya.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait