Teknologi

Apa Keunggulan Dari Teknologi BIPV (Building Integrated Photovoltaics)

TECHNOLOGY BIPV sebuah teknologi apa itu dan apa saja keuntungan buat kita dan kehidupan...? Berikut penjelasannya......

Minir5 September 2021

Inovasi perubahan energi terus dilakukan, munculnya alternatif-alternatif energi yang mampu menyuplai dengan baik, dan tidak habis serta berdampak baik terhadap lingkungan merupakan sebuah teknologi inovasi sumber energi yang paling banyak didambakan oleh semua orang.

SDGs dalam hal ini tentu sangat mendukung sekali sesuai dengan pilar-pilar yang diusungnya untuk peradaban bumi yang lebih baik di masa depan. Pemerintah indonesia juga tidak mau kalah dengan negara-negara lain yang sudah bertransisi ke energi baru terbarukan yang lebih baik.

YUK KENALAN, APA ITU BIPV ?

BIPV merupakan Big Project Grand Design yang dilakukan di indonesia. BIPV atau dikenal dengan nama panjang sebagai Building Integrated Photovoltaics merupakan sebuah konsep inovasi yang menggabungkan antara bangunan rumah yang sudah agar bernilai lebih dengan cara diberi solar panel yang akan dipasang dibagian atas atap dari rumah supaya selain berfungsi untuk rumah juga sebagai pembangkit energi baru terbarukan.

LALU BAGAIMANA BIPV MENURUT ARCHITECTURAL SOLAR ASSOCIATION ADALAH ?

BIPV merupakan sistem pembangkit energi baru terbarukan pembangkit fotovoltaik yang secara sekaligus menjadi struktur bangunan yang terintegrasi dan esensial sehingga dapat membangkitkan energi sekaligus menjadi atap gedung bangunan.

BERIKUT 3 KEUNGGULAN UTAMA DARI TEKNOLOGI BIPV

1. EFISIEN

Jika berbicara efisiensi tentu sistem inovasi BIPV merupakan sebuah alat yang mampu meningkatkan nilai efisiensi .

kenapa dapat dikatakan efisien? Karena sistem BIPV memanfaatkan area yang belum memiliki nilai lebih untuk dapat memiliki daya guna lebih dengan diberi solar panel maka secara manfaat akan memberikan manfaat lebih yaitu selain sebagai atap rumah pada umumnya juga sebagai suplai kebutuhan energi yang tentunya ramah lingkungan.

2. HEMAT

Secara umum di indonesia masuk cukup dikata kan susah untuk bertransisi dari energi tak terbarukan ke energi terbarukan. Khusus nya dalam hal ini adalah masih bergantungnya kehidupan manusia dengan sumber listrik yang sebagian besar berasal dari mutiara hitam yaitu batu bara yang dapat kita ketahui bahwa batu bara merupakan sumber energi yang kurang ramah lingkungan.

Jadi apabila sistem inovasi BIPV ini bisa diterapkan maka akan membawa nilai keunggulan tersendiri yaitu dapat dan mampu menghemat energi listrik konvensional dan tidak menutup kemungkinan untuk dapat bertransisi.

3. ESTETIKA

Terakhir adalah menambah nilai estetika sebuah bangunan rumah maupun gedung. Bagaimana hal tersebut bisa dikatakan menambah nilai estetika..?

Tentu bila kita lihat bentuk dari solar panel yang persegi panjang nampak seperti atap ini dan juga memiliki garis-garis serta memiliki kombinasi warna hitam dan putih nya membuat nampak indah dilihat bila di pasang di bagian atap rumah.

Dari ketiga keunggulan tersebut sudah selayaknya kita untuk bahu-membahu agar dapat mengimplementasikan sebuah project grand design penerapan solar panel di atap rumah atau di sebut dengan Building Integrated Photovoltaics.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait