Pengetahuan

Bagaimana Caranya Menjadi Profesional di LinkedIn?

LinkedIn merupakan aplikasi platfrom cari kerja sangat efektif dan banyak digunakan. Sehingga akun LinkedIn harus anda miliki supaya Anda terlihat profesional oleh para penyedia kerja.

Minir7 Januari 2022

LinkedIn merupakan aplikasi platfrom cari kerja sangat efektif dan banyak digunakan. Sehingga kamu harus memiliki akun Linkedin agar terlihat profesional oleh para penyedia kerja. Di lain sisi, platfrom ini juga mampu untuk meningkatkan personal branding.

Maka, kamu harus terlihat aktif dan profesional di LinkedIn. Apalagi jika kamu mampu membagikan hal-hal positif terkait keahlian yang kamu miliki. Itu bisa menarik minat recruiters untuk cek profil kamu.

Berikut adalah beberapa cara untuk bisa terlihat aktif dan profesional di platform LinkedIn.

1. Lengkapi profil kamu

Sebelum memulai perang siapin dulu senjatanya. Begitu juga dengan profil Linkedin, kamu perlu melengkapi data diri. Pada kelengkapan data diri ini penting sekali bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan Linkedin, jadi agar kamu dapat memahami dengan mudah.

Berikut hal yang harus di perhatikan dalam melengkapi profil Linkedin, yang meliputi:

  • Identitas diri
  • Deskripsi mengenal latar belakang mu
  • Akses media postingan artikel dan LinkedIn.
  • Latar belakang kerja, pendidikan, sertifikasi dan lisensi, serta pengalaman sukarelawan.
  • Pengalaman keahlian dan pencapaian.
  • Pencapaian publikasi, hak paten, kursus, proyek terlaksana, gelar Kehormatan dan penghargaan, skor tes, keahlian bahasa, organisasi, dan isu lainnya Serta informasi lainnya

Isi selengkap mungkin data diatas. Karena hal ini bisa membuat profil in kamu menarik untuk dilirik.

2. Rajin melakukan like, comment, dan share postingan orang lain

Akun LinkedIn mu dikatakan aktif apabila selalu memberikan like, comment, dan share. Kalau kamu aktif like dan memberi komentar positif dan berbobot, maka orang lain penasaran dengan dirimu.

3. Rajin update kegiatan di LinkedIn

Kamu bisa membagikan penghargaan, penyelesaian proyek ataupun aktivitas positif lainnya lewat akun LinkedInmu. Hal tersebut dilakukan agar seluruh kegiatanmu terlihat lebih profesional.

4. Rutin untuk membuat konten-konten positif dan interaktif

Penyajian konten-konten yang positif interaktif serta berbobot tentu saja hal-hal tersebut harus diperhatikan. Lagi konten tersebut mampu banyak disukai oleh koneksi kemudian viral. Hal tersebut akan meningkatkan profesionalitasmu di LinkedIn. Caranya dengan rutin membuat konten untuk meningkatkan citra diri di LinkedIn.

5. Tambah dan perluas koneksi mu

Di dalam akun LinkedIn, kamu bisa terhubung dan juga menambahkan teman sekolah, kuliah, organisasi, magang dan lain-lain. Makin banyak koneksi, sama menambah koneksi profesional maka semakin bagus.

Kesimpulannya adalah ketika kamu ingin memperluas peluang mendapatkan pekerjaan dan ingin terlihat profesional, kamu perlu aktif di platfrom LinkedIn.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait