Pengetahuan

Fakta-Fakta Unik Presidensi G20 Summits Indonesia

G20 Merupakan forum kerja sama Multilateral yang beranggotakan 19 Negara utama dan Uni Eropa (UE) yang memiliki tingkat kelas pendapatan menengah hingga tinggi, Negara berkembang hingga negara maju.

Minir27 Mei 2022

G20 Merupakan forum kerja sama Multilateral yang beranggotakan 19 Negara utama dan Uni Eropa (UE) yang memiliki tingkat kelas pendapatan menengah hingga tinggi, Negara berkembang hingga negara maju. Secara umum, anggota G20 terdiri dari beragama negara yang ada didunia meliputi negara Amerika serikat, Meksiko, Canada, Brazil, Argentina, Jerman, Inggris, Italia Prancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, Tiongkok, Jepang, India, Korea Selatan, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa.

Lalu didalam forum internasional G20 ternyata dibalik itu semua, terdapat beberapa hal unik yang wajib untuk kita ketahui. Apa saja fakta unik tersebut, berikut adalah penjelasan:

1. Terdapat 20.988 Delegasi G20.

Gambar Negara-negara G20 | Sumber. Website Resmi G20 Indonesia


Fakta yang menghebohkan adalah diperkirakan terdapat Puluhan ribu delegasi yang akan hadir pada forum internasional G20 Summits yang meliputi Delegasi negara-negara yang tergabung. Secara spesifik Delegasi forum internasional G20 Summits Meliputi, 429 delegasi pada KTT G20 Summits, 1.212 delegasi pada deputies atau sherpa meetings, 4.581 delegasi pada ministerial meetings, 6.436 delegasi pada engagement groups meetings, dan 8.330 delegasi pada working groups meetings.

2. Logo unik Presidensi G20 Indonesia.

Gambar Logo G20 | Sumber. Website Resmi G20 Indonesia

Fakta Unik tidak hanya terjadi pada rapat forum internasional nya saja. Melainkan, terdapat Logo yang unik dalam pembentukan Presidensi G20 Summits Indonesia. Secara umum, gambar logo Presidensi G20 Indonesia nampak sederhana yang terdiri dari beberapa elemen grafis yang memiliki makna terkandung didalamnya. Antara lain:
• Motif Kawung siluet gunungan.
Motif Kawung tersebut menggambarkan makna jiwa semangat untuk menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama. Sedangkan gunungan memiliki arti sebagai perpindahan babak menuju sistem pemulihan ekonomi dunia menjadi lebih inklusif dan sustainable.
• Warna merah dan biru.
Seperti yang kita ketahui bersama warna merah disini menggambarkan warna bendera kesatuan republik Indonesia. Sedangkan warna biru berarti sebuah identitas dan jati diri Indonesia sebagai negara maritim.
• Motif tanaman sulur.
Motif tanaman sulur memiliki makna sebagai visi Indonesia terkait, representasi semangat pemulihan ekonomi yang hijau, inklusif, dan sustainable.

3. Membahas 2 isu besar.

Gambar Conference G20 | Sumber. Website Resmi G20 Indonesia


Forum internasional G20 Summits Indonesia akan membahas dua isu yaitu Finance Track dan Sherpa Track. Berikut adalah masing-masing penjelasannya:.
• Finance Track adalah jalur pembahasan yang ada dalam forum internasional G20 yang berfokus pada beragam isu keuangan, antara lain:.
1. Kebijakan fiskal.
2. Investasi infrastruktur.
3. Regulasi keuangan.
4. Inklusi keuangan
5. Perpajakan internasional.
6. Moneter dan riil.
Selain itu, pada pembahasan isu finance track ini akan dihadiri oleh menteri keuangan hingga gubenur bank sentral dari masing-masing delegasi negara anggota G20.

• Sherpa Track dikenal sebagai jalur pembahasan dalam forum internasional G20 yang berfokus pada bidang-bidang diluar dari isu keuangan, antara lain:
1. Ekonomi digital.
2. Lapangan kerja 
3. Anti korupsi.
4. Pendidikan.
5. Pertanian.
6. Urusan luar negeri.
7. Budaya.
8. Kesehatan.
9. Pembangunan.
10. Lingkungan.
11. Pariwisata.
12. Energi berkelanjutan.
13. Perdagangan, investasi, dan industri.
14. Pemberdayaan Perempuan.

 

Konferensi tingkat internasional ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara Indonesia, karena yang kita pahami bersama bahwa kesempatan ini bisa terjadi 20 tahun sekali. Sehingga dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, hal ini menunjukan konsistensi, komitemen, dan kontribusi Indonesia terhadap dunia terutama pada forum G20 Summits.

 

Share:

0 Komentar