Pengetahuan

Kandidat Pekerja Wajib Tau Teknik Behavior Event Interview (BEI)

Kandidat pekerja wajib tau dan mengenal Teknik Behavior Event Interview (BEI)

Minir11 November 2021

Apa itu teknik behavioral event interview?

Interview teknik wawancara yang meminta kandidat menceritakan pengalamannya saat mereka menangani sebuah pekerjaan. Hal ini sangat agar bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi ketika bekerja. Tidak jarang sebagian besar isi wawancara jadi penentu penentu seseorang lolos seleksi wawancara. Di sisi lain, HRD menggali informasi dari kandidat pekerja sebagai indikator penerimaan kerja. 

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang memiliki keterkaitan dengan teknik behavioral interview.

1. Teamwork.

Pada pertanyaan Teamwork, kandidat pekerja akan ditanya mengenai cara agar mampu berkolaborasi bersinergi satu sama lain atau disebut keyboard. Adapun contoh pertanyaan behavior event interview yang berkaitan dengan Teamwork adalah.

“Ceritakan pengalaman Anda menghadapi orang berbeda dengan Anda ?“

2. Kemampuan beradaptasi.

Kandidat haruslah memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dalam sebuah perusahaan. Adaptasi adalag kemampuan penting di dalam sebuah pekerjaan. Pada pertanyaan ini kandidat pekerja ditanya mengenai cara beradaptasi di dalam sebuah pekerjaan. Adapun contoh pertanyaan kemampuan beradaptasi adalah.

“Ceritakan tentang pekerjaan pertama Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mempelajari tugas yang diberikan oleh Anda? “

3. Time Management.

Pertanyaan yang menggambarkan bagaimana seseorang pekerja mengelola waktunya dengan baik di saat bekerja. Adapun contoh pertanyaan dari Time Manajemen adalah.

“Jelaskan mengenai proyek jangka panjang yang pernah dilakukan? Bagaimana upaya Anda agar semuanya berjalan tepat waktu?"

4. Kemampuan Problem Solving.

Menyelesaikan masalah bukanlah hal yang mudah. Maka penting seseorang unutk mampu menyelesaikan semua permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkup pekerjaannya. Adapun contoh pertanyaan dari behavior problem solving adalah.

“Ceritakan pengalaman Anda menghadapi klien yang sulit diajak berkomunikasi?“

5. Work Ethic.

Work ethic merupakan sebuah etika kerja yang harus menggambarkan etika yang profesional di dalam sebuah perusahaan. Adapun contoh pertanyaan dari behavior work ethic adalah sebagai berikut.

“Jelaskan hal yang membuat Anda tidak nyaman di tempat sebelumnya?“

Klik juga

Adapun tips-tips teknik behavioral event interview sebagai berikut.

  1. Pastikan anda jujur saat menjawab pertanyaan dari HRD.
  2. Apply dan juga searching mengenai pekerjaan yang akan Anda lamar terlebih dahulu.
  3. Catat seluruh pencapaian yang Anda selama bekerja.
  4. Ringkas seluruh proyek besar yang pernah Anda lakukan pada pekerjaan sebelumnya.

Behavior Event Interview dapat menjadi indikator seseorang pelamar kerja dalam seleksi tahap wawancara. Sehingga penting untuk para kandidat pekerja untuk bisa mengenali dan menjawab dari teknik Behavior Event Interview yang sudah dijabarkan. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait