Pengetahuan

Lakukan 4 Langkah Ini! Agar Kariermu Melejit di Era Transformasi

Proses perencanaan karier memang harus direncanakan dengan baik. Hal tersebut dilakukan karena, setiap rencana yang kita sudah rencanakan akan terarah dengan baik.

Minir10 Februari 2022

Proses perencanaan karier memang harus direncanakan dengan baik. Hal tersebut dilakukan karena agar rencana kita akan terarah dengan baik. Maka dari itu, memiliki perencanaan karier yang baik memudahkanmu menentukan karier di masa depan. 

Berikut 4 hal cara untuk meningkatkan potensi karier mu di era transformasi.

1. Kenali Potensi Diri.

Proses mengenali diri merupakan sebuah langkah awal yang dilakukan untuk mengetahui potensi diri. Tentu saja setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Dengan adanya perbedaan potensi diri, maka potensi tersebut bisa kamu kembangkan. Dalam tahap mengenali potensi diri kita, kamu perlu memahami 4 aspek penting berikut ini.

  • Minat

Saat mengenali potensi diri, hal sederhana yang perlu kamu lakukan yaitu ketahui apa yang menjadi minat kamu. Kamu bisa melakukan assessment terkait minat kamu. Dengan begitu, kamu bisa memahami apa yang menjadi minat kamu. Sehingga kamu akan cenderung lebih mudah menentukan karier yang sesuai dengan dirimu.

  • Tipe kepribadian

Setiap orang terlahir dengan tipe kepribadiannya masing-masing. Dengan adanya perbedaan tipe kepribadian, hal tersebut akan menjadi pembeda antara tiap manusia.

  • Bakat

Langkah selanjutnya, kamu dapat melihat apa yang menjadi bakat diri kamu. Mengenali bakat akan menjadi penting karena berhubungan dengan kebiasaan dengan keahlian yang dimiliki. Oleh sebab itu, mengetahui potensi bakat kamu akan memudahkanmu karier yang cocok untuk dirimu.

  • Lingkungan kerja

Proses dinamika lingkungan kerja yang terjadi saat ini cenderung mengalami transformasi. Jadi, penting bagi kamu untuk mengenali potensi diri kamu dalam menyikapi lingkungan kerja. 

2. Buat daftar skill yang kamu miliki dan kuasai

Seseorang tidak akan mengerti skill yang dia miliki ketika tidak membuat daftar skill. Dengan memiliki daftar skill, kamu akan mengetahui potensi karier apa yang sesuai dengan skillmu.

Dalam proses pembuatan, kamu bisa menuliskan semua keahlianmu di lembar catatanmu. Lalu, analisa seluruh skill yang kamu catat, dan sesuaikan karier yang cocok dengan skill kamu.

3. Mampu mengeksplorasi karier

Seseorang yang memiliki keahlian ataupun potensi yang ada dalam diri masing-masing. Sangat ditekankan untuk melakukan eksplorasi karier.

Dengan mengeksplorasi karier, kamu akan mengetahui potensi-potensi yang terpendam di dalam diri kamu. Selain itu, adanya eksplorasi potensi bisa mengenal lebih spesifik keahlian yang kamu miliki.

4. Tentukan agenda dan timeline

Dalam perencanaan karier action merupakan penentu utama dalam perubahan karier kamu. Sekeren apapun perencanaan yang kamu buat tidak akan berhasil jika tidak direalisasikan. Kamu harus melakukan dan menjalankan seluruh timeline dan agenda yang sudah dibuat. 

Jika kamu mau ingin memiliki nilai lebih secara karier, kamu perlu mengetahui potensi dirimu. Caranya dengan membuat daftar keahlian yang kamu punya. Tujuannya agar lebih mudah dalam menentukan karier. Selanjutnya, kamu harus mengeksplor seluruh potensi yang kamu miliki. Terakhir, segera take action untuk bisa merealisasikan potensi karier kamu.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait